PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

7 Cara Cerdas Membiasakan Anak Berpuasa

Membiasakan Anak Berpuasa Sejak Dini 
Kupasabis.com - Selalu menjadi tantangan tersendiri ketika Anda membiasakan anak berpuasa. Anak seringkali masih merasa malas dan tidak betah menjalankan puasa. Padahal, puasa adalah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh umat islam sebagai wujud keimanan kepada Allah SWT.

Membiasakan anak untuk berpuasa sebenarnya bisa memberikan banyak manfaat. Anak menjadi terbiasa untuk menahan hawa nafsu dan bisa belajar bersabar karena berpuasa. Anak juga bisa memahami bahwa berpuasa adalah bagian dari perintah Allah SWT yang harus dilakukan sebagai umat islam.
Pendidikan agama harus diberikan sedini mungkin. Sebagai orang tua, Anda wajib untuk mengajarkan pada anak betapa pentingnya berpuasa. Hanya saja seringkali anak masih merasa sulit untuk menjalankannya. Berikut akan kita ­bahas cara-cara cerdas agar anak bisa terbiasa menjalankan ibadah puasa.

Cara Cerdas Mengajarkan Anak Puasa

Tidak perlu memaksa dan tanpa kekerasan, berikut cara cerdas yang bisa anda praktikkan untuk membiasakan anak berpuasa.

1. Ajarkan Puasa sampai Jam Tertentu
Jangan langsung menuntut anak berpuasa satu hari penuh. Ajarkan anak untuk berpuasa selama setengah hari atau sampai jam-jam tertentu saja. Setelah berbuka, ajak anak untuk melanjutkan puasanya agar semakin terbiasa dari hari ke hari menahan haus dan lapar saat puasa.

2. Ajarkan Puasa dari Jenis Makanan Tertentu
Biasakan anak berpuasa dengan cara mengajarinya puasa dari jenis makanan tertentu. Misalnya tidak makan nasi saja atau tidak minum. Dengan begitu, anak akan terbiasa dengan rasa lapar dan haus sehingga ketika sudah waktunya tiba untuk berpuasa penuh anak tidak kaget.

3. Menu Sahur dan Buka yang Menarik
Agar anak semangat berpuasa, sebagai orang tua, Anda bisa menyiapkan makanan berbuka dan sahur yang menarik. Siapkan makanan favorit anak dan kreasikan dengan tampilan yang unik. Anda juga bisa mengajak anak membuat hidangan sahur dan berbuka.

4. Ceritakan Kisah-kisah Teladan sebelum Tidur
Menceritakan kisah-kisah teladan kepada anak juga menjadi salah satu usaha untuk membiasakan anak berpuasa. Dengan mengetahui kisah-kisah nabi, sahabat, kisah ulama, dan kisah anak shaleh bisa menginspirasi anak untuk mengikuti. Anak menjadi lebih tahu agama dan memahami kewajiban yang ada di dalamya. Diharapkan dengan cara ini anak menjadi mau berpuasa.

5. Ajak Anak untuk Rajin Beribadah
Supaya anak mau berpuasa, tanamkan rasa cinta kepada Allah dan agama dengan cara mengajak anak beribadah. Ketika bulan ramadhan tiba, ajak anak sholat berjamaah di masjid dan mengikuti kegiatan keagamaan lainnya. Dengan begitu anak akan lebih memahami agama dan semangat untuk berpuasa.

6. Alihkan Perhatian Anak
Ketika sedang berpuasa, ajak anak melakukan kegiatan yang menarik. Misalnya, ajak anak melakukan kegiatan yang ia suka. Contohnya seperti menggambar atau bermain boneka. Dengan melakukan hal yang disukainya, anak akan merasa waktu berlalu cepat sehingga tidak terasa sedang berpuasa.

7. Berikan Hadiah
Jika anak berhasil menjalankan puasa, maka berikan dia hadiah. Tidak perlu hadiah yang mahal dan mewah. Berikan hadiah-hadiah kecil sederhana yang disukai anak. Dengan begitu anak akan merasa senang dan semakin bersemangat untuk kembali berpuasa.

Berpuasa akan terasa ringan dan mudah bagi anak dengan adanya dukungan dari orang tua. Peran orang tua sangatlah penting dalam membiasakan anak untuk beribadah dan berpuasa. Jadi, jangan sampai lalai karena kebiasaan anak sejak kecil inilah yang akan dibawa ketika ia sudah dewasa nanti.
Satu hal yang harus diperhatikan adalah, lakukan semua tips ini dengan hati yang lembut dan tanpa paksaan. Bujuk anak berpuasa dengan cara yang penuh kasih sayang dan tanpa unsur memaksa apalagi kekerasan.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment