PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Modul Panduan Petugas Haji Lengkap dan Terbaru, Petugas Haji Wajib Tahu


Langkah selanjutnya setelah tahapan seleksi petugas haji selesai adalah mewujudkan petugas haji yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang mumpuni melalui pelatihan atau diklat terintegrasi. Pelatihan terintegrasi tersebut akan melibatkan seluruh petugas, baik TPHI, TPIHI, TKHI maupun TPHD.

Menjadi petugas haji bukanlah hal mudah, perlu kerja keras, kerja ikhlas dan kerja tuntas. Diperlukan sebuah panduan atau modul lengkap bagi petugas haji. Petugas Haji wajib memiliki modul petugas haji dalam melaksanakan tugasnya. Modul tersebut akan menjadi buku "sakti" bagi petugas selama menjalankan tugasnya. Petugas Haji biasanya akan menerima lima buah modul sebagai berikut:
  1. Uraian Tugas Petugas Kloter
  2. Penanganan Kasus-kasus Ibadah Haji
  3. Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji
  4. Uraian Tugas Non Kloter
  5. Manasik Haji Petugas
Silahkan download dan pelajari dengan sebaik-baiknya

1. Uraian Tugas Petugas Kloter

Modul pertama ini berisi uraian tugas bagi petugas kloter, mulai dari tugas saat di embarkasi, prosesi pemberangkatan, tugas di bandara, tugas di pemondokan, Makkah, tugas saat wukuf, saat di Muzdalifah, Mina, Madinah sampai kepulangan kembali ke tanah air. Semuanya terdapat di modul pertama ini.

2. Penanganan Kasus-kasus Ibadah Haji

Kemudian pada modul yang kedua, petugas haji akan mendapatkan panduan saat menghadapi kendala-kendala dalam pelaksanaan ibdah haji. Kendala yang dihadapi biasanya seperti terjadi jika jamaah meninggal dunia dan lain sebagainya.

3. Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Modul ketiga ini berisi kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia, mulai dari pemberangkatan, tempat pemondokan, akomodasi, katering, transportasi dan kebijakan lainnya.

4. Uraian Tugas Non Kloter

Modul ini isinya khusus bagi petugas yang tidak menyertai jamaah atau petugas non kloter. Tugasnya lebih ke arah teknis.

5. Manasik Haji Petugas

Inilah modul yang isinya terkait tata cara ibadah haji bagi petugas haji. Prinsipnya sama saja dengan manasik haji jamaah haji lainnya, hanya saja ada beberapa penjelasan yang erat kaitannya dengan tugas.

Selain mempelajari modul-modul diatas, petugas haji juga bisa mempelajari buku pintar penyelenggaraan ibadah haji. Silahkan download Buku Pintar Penyelenggaraan Ibadah Haji kemudian pelajari dengan sebaik-baiknya.

Kemudian petugas haji juga harus membuat Rencana Kerja Operasional atau RKO yang jelas dan terperinci. Berikut mimin kasih tau contoh RKO khususnya bagi TPHI atau Ketua Kloter.

Contoh RKO TPHI, Download

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment