PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Menjajal Wisata Pemandian Air Panas di Sangkanhurip Kuningan


Jika sobat menyambangi Kabupaten Kuningan Jawa Barat, tak ada salahnya jika sobat melipir ke kawasan wisata air panas yang satu ini, yap Kawasan Wisata Air Panas Sangkanhurip. Keunikan kawasan ini adalah adanya sumber air panas alami yang konon mengandung kadar belerang dan mineral tinggi.

Suhu Air Panas Sangkanurip cukup panas, yaitu sekitar 35°C - 42°C sangat cocok untuk menghilangkan rasa pegal-pegal atau untuk melemaskan otot yang tegang akibat rutinitas kerja. Selain itu, air panas disini dipercaya bisa membantu menyembuhkan penyakit rematik dan penyakit kulit, seperti gatal-gatal.


Sebenarnya, dikawasan Wisata Sangkanhurip ini terdapat beberapa pemandian air panas, namun berdasarkan hasil pengamatan, yang paling ramai dikunjungi pada hari libur atau week end adalah Taman Rekreasi Air Panas Sangkanhurip Alami. 

Disini menawarkan tempat berendam yang terbuka dan juga tempat berendam yang tertutup. Jika mau menikmati kolam renang terbuka, maka tiket untuk menikmati Pemandian air panas ini cukup murah meriah, yakni 10ribu untuk anak-anak dan 12ribu untuk dewasa. Tiket yang murah ini disinyalir menjadi pemicu ramainya wisata air panas yang satu ini. Namun jika sobat ingin menikmati kolam yang tertutup, tiketnya 20ribu sampai 30ribu rupiah. 


Setelah sobat membayar tiket, kemudian sobat masuk melalui seorang petugas keamanan dan petugas yang ngecek tiket. 

Memasuki area kolam terbuka, sobat akan menemukan kolam renang air dingin yang disebut sebagai Kolam Renang Luncuran Naga, karena bentuk kepala Naga yang indah di puncak luncuran dan lidah Naga sebagai papan luncurnya. 

Di sisi Kolam Renang Luncuran Naga itu terdapat sejumlah tempat duduk yang dinaungi payung-payung yang cukup nyaman. Pengunjung bisa menggunakannya untuk beristirahat sejenak, menyimpan barang-barang, atau sekedar untuk membuka perbekalan.


Jika ingin berendam air panas yang lebih nyaman, dengan kondisi ruangan berendam air panas yang lebih baik dan lebih berkelas, maka sobat bisa menginap di beberapa hotel yang ada di kawasan ini, seperti Hotel Grage Spa Sangkan, Hotel Sangkan Indah, Hotel Prima, Hotel Sutan Raja, atau pun Tirta Sanita Spa Resort Hotel. Tentu saja sobat harus merogoh kocek yang ckup dalam, pasalnya ada rupa ada harga.

Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan berada di Desa Sangkanurip, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan. Lokasi ini berjarak sekitar 25 km atau sekitar 45 menit perjalanan darat dari Kota Cirebon ke arah Kuningan, atau sekitar 15 km dari Kota Kuningan. Lokasinya yang berada dikaki gunung Ciremai membuat kawasan ini ckup sejuk, sangat cocok untuk melepas penat.

Baca: View Eksotik di Sukabumi yang Tersembunyi
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment