PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Yuk Simak 5 Tips Sukses Lulus Ujian CPNS Berikut Ini!

Beberapa tahun terakhir ini PNS menjadi salah satu pekerjaan yang sangat banyak peminatnya. Tidak heran lagi jika anak muda berbondong-bondong untuk mengikuti ujian CPNS yang menjadi syarat wajib untuk menjadi PNS. Jumlah pendaftar dari tahun ke tahun semakin meningkat. Oleh karena itu, untuk menghasilkan SDM yang berkualitas pemerintah berusaha sedemikian rupa dalam proses rekrutmen.

Baca: Berbagi Pengalaman Lolos CPNS: Pedagang Ketupat Tahu Lolos Menjadi PNS

Mengingat tingginya masyarakat untuk menjadi PNS, Dibutuhkan usaha yang ekstra supaya Anda atau sanak saudara menjadi salah satu yang berhak memiliki Nomor Induk Pegawai (NIP). Perlu Anda ketahui bahwasanya untuk ujian CPNS saat ini peserta diwajibkan lulus dalam Ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang berbasisi Computer Asisted Test (CAT).

Baca: Aplikasi dan Simulasi CAT

Sistem pengelolaan ujian CPNS pada zaman dahulu dengan sekarang sangat jauh berbeda. Pemerintah berusaha membenahi kekurangan-kekurangan yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan calon pemimpin di masa depan yang profesional.

Dengan proses seleksi yang bersih, transparan, akuntabel, serta dalam waktu yang cepat. Salah satu proses yang sangat terlihat berbeda dengan tahun sebelumnya yakni ujian dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Tujuan dari dihadirkan sistem CAT adalah agar proses ujian CPNS bersih dan transparan. Terlebih lagi sering didengar bahwa CPNS rawan dengan orang-orang titipan yang berkuasa. Mengingat untuk menjadi PNS tidaklah mudah, perlu beberapa tips yang wajib Anda terapkan untuk menghadapi ujian Penerimaan Calon Pegawa Negeri Sipil (CPNS). Lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak tips berikut ini.

Mengenali Tahapan-Tahapan Ujian

Ada beberapa tahapan yang harus diselesaikan dalam poses ujian CPNS. Setiap instansi memiliki model ujian berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan. Secara umum, terdapat 2 seleksi yang wajib dilalui yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Tes Kompetensi Dasar (TKD).

Yang menjadi tanggung jawab masing-masing instansi penyelenggara adalah tes SKB. Untuk model dan materi ujiannya disesuaikan dengan formasi kebutuhan CPNS. Sedangkan TKD adalah seleksi yang harus diikuti peserta yang digunakan sebagai kriteria kelulusan yang sama setiap pelamar.

Mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), terdapat tiga jenis kelompok materi soal TKD. Ketiga materi tersebut diantaranya Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Intelegensia Umum (TIU).

Untuk bisa mempersiapkan diri lebih matang, peserta wajib mengenal ketiga jenis ujian di atas. Kuncinya perbanyaklah membaca. Karena tidak ada yang tahu pasti gambaran dari soal yang akan keuar seperti apa dari ketiga jenis materi tersebut. Karena semua dipilih secara acak oleh sistem nantinya.

Belajarlah Secara Konsisten

Tidak sedikit orang yang meremehkan model ujin CPNS. Padahal, dibutuhkan kerja keras serta ketekunan agar mampu mengalahkan puluhan ribu pendaftar yang lain. Untuk menghindari kaget saat menghadapi ujian, biasakan belajar secara konsisten setiap hari. Luangkan waktu sekitar 30 menit saja per hari untuk mencoba menyelesaikan soal-soal CAT agar terbiasa. Jangan sampai menerapkan sistem kebut semalam ya.

Latihan Simulasi CAT

Untuk menghindari gugup saat menghadapi ujian dengan komputer, usahakan berlatih dengan simulasi CAT. Namanya orang banyak, pasti ada beberapa yang belum pernah sama sekali menghadapi ujian menggunakan komputer. Untuk itu sangat penting latihan dengan menggunakan simulasi CAT agar terbiasa saat ujian.

Tak perlu khawatir, saat ini telah terdapat situs-situs yang menyediakan fasilitas simulasi CAT secara online. Selain itu, pda buku materi ujian CPNS biasanya disediakan aplikasi untuk berlatih CAT.

Mengikuti Program-Program Khusus dari Pemerintah

Pemerintah menyedikan beberapa program khusus yang ditujukan untuk rekrutmen CPNS. Kemungkinan besar orang-orang yang sudah terlibat dalam program pemerintah tersebut akan diangkat menjadi CPNS oleh instansi pelaksana. Namun, tentunya terdapat beberapa persayaratan yang harus dipenuhi.

Jalur Prestasi

Terdapat beberapa instansi yang menyediakan rekrutmen melalui jalur prestasi. Contohnya mahasiswa berprestasi akan diberikan jalur khusus untuk mengikuti CPNS. Atau mungkin atlit juara akan direkrut secara langsung untuk menjadi TNI atau Polri. Hanya saja, tidak mesti setiap tahun rekrutmen ini dibuka.

Bukanlah hal yang mudah menghadapi ujian CPNS. Anda harus mempersiapkan berbagai persiapan untuk memenangkan persaingan ratusan ribu peserta. 5 tips sukses menghadapi ujian CPNS di atas dapat Anda praktekan ketika akan menghadapi ujian. Semoga sukses dan tentunya mendapatkan hasil yang terbaik.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

3 comments

  1. Bagus sekali bossku rapi bener blognya ??

    ReplyDelete
  2. Makasih dah mampir bosku. Ini baru belajar aja nih

    ReplyDelete

Post a Comment