PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Cicipi Nikmatnya Masakan Khas Lebaran Dari Berbagai Negara Yuk!

Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang mempersatukan umat Islam. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Momen di akhir ramadhan ini sering digunakan oleh umat Islam untuk saling memaafkan dan silaturahim ke sesama. Maka tidak heran jika setiap rumah menyiapkan berbagai makanan khas lebaran untuk menyambut tamu yang mungkin saja datang ke rumah saat Hari Raya Idul Fitri.

Banyak masakan khas lebaran untuk merayakan Idul Fitri. Masing-masing negara memiliki makanan khasnya sendiri untuk merayakan hari penuh kemenangan ini.Makanan khas yang di setiap negara ini selain wajib, cara menyajikannya pun juga ada beberapa yang unik.

Bentuk rasa dan variasinya pun beragam dan sesuai dengan selera warga setempat. Ada yang serba manis, asin, pedas atau bahkan bersantan. Namun beragamnya masakan khas lebaranini menandakan banyakya rasa syukur yang dirasakan oleh manusia.

Berikut adalah masakan khas lebarandari berbagai negara yang bisa Anda jadikan referensi untuk hidangan lebaran nanti.

  1. Indonesia


Bagi orang Indonesia, pasti sudah tidak asing dengan ketupat. Ketupat dibuat dari beras yang dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam daun kelapa yang masih muda lalu di masak hinga matang. Ketupat biasanya dihidangkan dengan opor ayam sebagai hidangan saat Hari Raya Idul Fitri.

Arti ketupat sendiri dalam bahasa Jawa yaitu ngaku lepat. Maksudnya setiap memiliki salah, dan bermaaf–maafan pada hari araya idul fitri.Selain ketupat, makanan khas lebarandari Indonesia juga ada lapis legit, nastar, madu mongso dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Turki


Debyaza, halawa dan ta’teema adalah makanan khas Hari Raya Idul Fitri dari negara Turki ini. Ketiga makanan ini harus ada di hari lebaran. Menu ini adalah makanan yang berupa puding dan membutuhkan waktu agak lama untuk proses pembuatannya.

    3. Mesir

Masakan khas lebaranyang berasal dari negara Mesir ini adalah kue yang berisi kacang dan bertabur gula halus. Makanan ini disebut dengan Kahk. Resep dari makanan ini berasal dari zaman kuno. Sebagian orang beranggapan bahawa lebaran di Mesir tidak afdhol jika tidak mengkonsumsi Kahk ini.

  1. Tiongkok


Meskipun mayoritas beragama Buddha, tetapi umat muslim di Tiongkok juga banyak. Masakan khas lebaran untuk umat muslim yang ada di Tiongkok disebut dengan Mi La Mian. Makanan ini berupa mi tarik yang terbuat dari gandum dan disajikan dengan toping daging ayam atau daging sapi. Cara penyajiannya hampir mirip dengan mie ayam di Indonesia.

  1. Pakistan


Salah satu negara di Timur Tengah ini memiliki masakan khas lebaranyang bernama Sheer Kurma atau kurma susu. Sheer Kurma merupakan sajianberupa puding yang berisi mi vermicelli, yaitu makanan sejenis dengan bihun.

  1. Maroko


Ada tiga makanan yang wajib disajikan saat lebaran di Maroko. Chicken Bastilia adalah kue yang berbahan dasar ayam yang dibumbui dengan kunyit, lada, kayu  manis dan jahe.

Lalu ada Meloui yang mirip dengan roti canai dan disantap dengan menggunakan saus yang terbuat dari adu dan mentega. Yang terakhir adalah Tagine yang merupakan semur yang berbahan dasar daging ayam atau daging domba.

Tagine merupakan masakan yang kaya akan rempah–rempah, karena masakan ini mneggunakan bumbu seperi lada, bawang merah, knyit, jahe dan kayu manis sebagai bumbunya dan dicampur dengan kurma.

Demikianlah beberapa informasi masakan khas lebaran yang ada di beberapa negara. Bagaiamana, apakah Anda tertarik untuk mencoba membuatnya sebagai hidangan saat lebaran nanti?
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment