PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Tentukan Tujuan Ngeblog Kamu, Jika Kamu Ingin Sukses


Kalo hanya sekedar membuat blog, semua orang juga bisa melakukannya, pasalnya membuat blog itu sangat mudah, tak sampai 10 menit, blog sudah jadi. Namun, aktivitas mengurus blog agar menjadi blog yang sukses itulah yang berat.

Menurut saya, negblog itu laksana mengarungi samudra yang sangat luas nan ganas. Jika ngeblog tidak memiliki haluan yang jelas, maka ngeblog kalian akan terombang ambing oleh kencangnya badai dan ganasnya gelombang samudra. Alih alih mendapatkan yang diinginkan, justru ngeblog kalian akan hancur lebur diterjang ganasnya gelombang terlempar ke atas karang. Itulah gambaran ngeblog yang dilakukan tanpa memiliki haluan atau tujuan yang jelas.

Apakah menentukan tujuan ngeblog itu penting?

Menurut saya, tujuan ngeblog itu sangat penting. Asal sobat tahu, kesuksesan ngeblog bisa terlihat dari tujuan ngeblog itu sendiri. Jika ngeblognya memiliki tujuan yang jelas, maka setiap langkah untuk mencapai tujuan tersebut akan dilaksanakan dengan jelas dan maksimal. Dan sebaliknya, jika tujuan ngeblognya tidak jelas maka langkah untuk mencapai tujuan tersebut tidak akan jelas, sehingga setiap langkahnya dilaksanakan secara asal-asalan pula.

Ga percaya? Mari kita simak bersama bahwa ada korelasi yang kuat antara tujuan ngeblog dengan kesuksesan ngeblog. Sebelum membahas tujuan ngeblog, saya akan membagi dua tipe blogger yang bergentayangan didunia blogging.

Pertama, Blogger Iseng
Inilah blogger yang aktifitas ngeblognya asal-asalan. Dengan kata lain, jika anda membuat blog hanya sekedar iseng, maka langkah-langkah yang ditempuhnya juga hanya iseng belaka. Membuat blognya pasti asal asalan, template yang dipilihnya juga asal asalan, kontennya juga asal asalan, maka tak heran jika hasilnya juga asal asalan. Tujuan iseng ini biasanya dilakukan oleh orang iseng juga. Mungkin inilah tujuan ngeblog yang buruk. Ingat, tujunannya buruk maka jangan diharapkan hasilnya akan baik.
Kedua, blogger serius
Blogger serius akan membuat blog dengan perencanaan yang matang. Membuat tujuan yang jelas, membuat perencanaan yang matang, dan action yang terukur. Ingat, jika anda serius ngeblog, hasilnya juga tak akan mengecewakan anda.

Sekarang, tanya dulu ke hati pribadi anda, apakah anda ini ngeblognya iseng atau serius? Jika serius, lanjutkan membacanya, jika hanya iseng berhenti membacanya, pasalnya artikel ini khusus bagi yang serius ngeblog. Ngeblog yang benar dan serius dimulai dari mindset ngeblog yang benar.

Baca: Miliki Mindset Ngeblog Yang Benar

Setelah memiliki mindset yang benar, anda baru tentukan tujuan ngeblog anda. Dari beberapa kawan blogger, saat ditanya terkait tujuan ngeblog jawabannya sangat bervariasi. Namun jika disimpulkan hanya ada tiga

1. Ngeblog untuk arsip pribadi. Inilah ngeblog yang tidak memiliki tujuan selain untuk menulis kegiatannya pemilik blog, blog dijadikan tempat curhat.

2. Ngeblog untuk tempat berbagi. Bisa berbagi ilmu, informasi bermanfaat, tips dan trik, maupun pengalaman.

3. Ngeblog untuk cari penghasilan. Menghasilkan uang dari blogger itu bisa melalui jualan barang, jualan jasa, afiliasi dan lain sebagainya.

Coba kita simak, awalnya anda hanya sekedar curhat, kemudian anda berbagi, setelah itu anda secara tidak langsung akan mendapatkan sesuatu.

Semua tujuan blog jika dikerucutkan akan menuju kepada tujuan utama ngeblog diatas. Tujuan ngeblog diatas tidaklah salah, tapi alangkah baiknya jika ketiga tujuan ngeblog diatas didasari oleh niat yang tulus dan niat ibadah. Jika niatnya sudah tulus, dan landasannya ibadah maka aktivitas ngeblog tidak lagi berat lagi. Berbagilah dengan tulus, maka anda akan menerima. Makin banyak berbagi makin banyak menerima.


Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment