PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Cara Agar Blogspot.com Tidak Berubah Menjadi Blogspot.co.id


Jika anda membuat blog menggunakan platform blogger, maka domain anda akan memiliki blogspot.com diujungnya. Dengan kata lain blogspot ini merupakan sub domain URL blog yang menggunakan platform blogger.
Namun, saat ini ujung blogspot akan berubah redirect ke negara dimana domain itu dibuka. Jika dibuka di Indonesia blogspot.com akan muncul blogspot.co.id

Contoh: infokemenagri.blogspot.com jika dibuka di Indonesia akan berubah menjadi infokemenagri.blogspot.co.id

Begitu juga jika dibuka di negara lain, maka ujungnya akan menyesuaikan dengan kode negara tersebut, seperti India (blogspot.in), UK (blogspot.co.uk), Jepang (blogspot.jp), New Zeland (blogspot.co.nz), Kanada (blogspot.ca), Jerman (blogspot.de), Itali (blogspot.it) dan lain sebagainya.

Tapi, jika menggunakan domain pihak ketiga, atau costume domain, domainnya tidak akan berubah atau redirect ke domain negara tertentu.

Bagaimana jika anda ingin tetap blogspot.com tidak berubah menjadi blogspot.co.id. Apakah bisa?

Bisa banget, ikuti caranya berikut ini:

1. Login dashboard
2. Pilih menu tema
3. Edit HTML (lihat gambar)


4. Copy kode dibawah ini, kemudian paste tepat dibawah <head>
<script type="text/javascript">var blog = document.location.href.toLowerCase();if (!blog.match(/\.blogspot\.com/)) {blog = blog.replace(/\.blogspot\..*?\//, ".blogspot.com/ncr/");window.location.replace(blog);} </script>
Catatan: kode tersebut saya ambil dari contohblog.com


5. Simpan Tema
Kode tersebut akan berfungsi jika blog anda memiliki link ke kode jQuery.

Bagaimana dampak jika blogspot.com redirect ke domain negara tertentu?

Terkait hal ini, labnol.org memberikan penjelasan bahwa jika blogspot.com berubah sesuai dengan negara tertentu, maka akan memiliki dampak yang tidak baik seperti:
  • The social stats – like your Facebook Likes, Google +1s and Tweet counts – for your blog posts may be reduced as the URLs for the same blog post will be different for different visitors.
  • You will have a similar problem if you are using an external commenting platform like Disqus or Facebook Comments because the blog URLs will be different even when the underlying page is the same.
  • Also, if canonicalization isn’t implemented properly, it may cost you some Google juice as external websites may link to your country-specific pages.
  • Some users have reported a dip in Google AdSense earnings when pages are served through country-specific domains.
 Oleh karena itu beberapa ahli blog menyarankan agar tetap dipertahankan blogspot.com. Selamat mencoba, kalo belum berhasil mari kita belajar bersama melalui kolom komentar.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. Sangat membantu, terimakasih mas👍

    ReplyDelete
  2. saya masih belajar bro muhammad Eko, ini hanya share yang saya pelajari. Learn and share. Makasih telah berkunjung mas, jangan kapok meskipun tidak disuguhi secangkir kopi

    ReplyDelete

Post a Comment