PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Seleksi Petugas Haji Tahun 2018: Cermati Syarat dan Aturan Mainnya


Musim haji tahun 2018 sudah didepan mata, tak heran jika Kementerian Agama tengah sibuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan penyelenggaraan ibadah haji, salah satunya rekrutmen atau seleksi petugas haji.

Rekrutmen akan dilakukan baik untuk petugas kloter yang menyertai jemaah maupun petugas non kloter yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Sistem Rekrutmen
Rekrutmen Petugas Haji Tahun 2018 akan Berbasis Online dan menggunakan Sistem CAT (Computer Asisted Test) dalam pelaksanaan test tulisnya. Test ini menggunakan aplikasi berbasis android.
Dengan menggunakan smartphone berbasis android, maka peserta langsung mengerjakan soal ujiannya di layar handphone masing-masing.

Rekrutmen secara online dan mengunakan sistem CAT menjadi salah satu cara untuk menjaring petugas-petugas yang memiliki kompetensi baik dari sisi ibadah maupun dari sisi regulasi, secara transparan dan akuntabel.

Berdasarkan hasil CAT, peserta akan disaring lagi melalui wawancara untuk mengukur pemahaman dan pengalaman sesuai bidang tugas yang dilamarnya.

Rekrutmen ini dilakukan secara transfaran. Simak surat pengumumannya sebagai berikut:



Cara Pendaftaran
  1. Pendaftaran secara online di Website : petugas.hajijabar.info
  2. Daftar peserta menggunakan email yang Valid dan masih Aktif;
  3. 1 (satu) Email hanya untuk 1 (satu) Pendaftar;
  4. Email dan Password-nya harus diingat karena akan digunakan untuk Login pada aplikasi CAT (Computer Assisted Test);
  5. Print Out hasil pendaftaran secara Online;
Baca juga: Panduan Lengkap Cara Daftar Seleksi Petugas Haji

Waktu Pendaftaran
  1. Pendaftaran peserta secara Online di website : jabar.kemenag.go.id (Mulai tanggal 20 Maret 2018 dan batas akhir tanggal 25 Maret 2018 pukul 13.00 WIB)
  2. Pengumpulan dokumen administrasi calon peserta ke Seksi PHU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka (Mulai tanggal 21 Maret 2018 dan batas akhir tanggal 25 Maret 2018 pukul 16.00 WIB)
  3. Pengumuman peserta yang berhak mengikuti seleksi kompetensi Tahap I Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka (Tanggal 27 Maret 2018) 
Waktu Test Tulis
  1. Pelaksanaan seleksi Tahap I Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka (Tanggal 29 Maret 2018) 
  2. Pengumuman peserta yang berhak mengikuti seleksi kompetensi Tahap II Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat (Tanggal 09 April 2018)
  3. Pelaksanaan seleksi Tahap II Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat (Tanggal 12 April 2018)
Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pelaksanaan
  • Tes seleksi melalui aplikasi CAT (Computer Assisted Test);
  • Perangkat yg bisa digunakan hanya HP berbasis Android, bukan Java atau iphone (Apple);
  • Minimal versi Android 5.0 (versi Lolipop);
  • Menggunakan kartu sim koneksi internet masing-masing (kartu sim tersendiri / terpisah dengan yang biasa dipakai untuk telepon/sms);
  • Memilih kartu sim dengan sinyal operator terbaik, tidak terdapatnya sinyal operator yang digunakan (lemot) menjadi resiko peserta;
  • Aplikasi Cat tidak dapat digunakan di Laptop;
  • Contoh aplikasi bisa Download lewat HP di : http://bit.ly/2DvVGk1 (Username : demo Password : demo)
Kuota petugas haji

Tahun ini diperkirakan ada 511 kloter. Artinya, diperlukan 1022 petugas yang menyertai jemaah dari unsur Kemenag. Mereka adalah Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI). Selain itu, dibutuhkan 1533 petugas dari unsur Kemenkes yang tergabung dalam Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Petugas non kloter yang tergabung dalam PPIH Arab Saudi, kuotanya berjumlah 836 petugas. Jumlah ini terdiri dari 530 petugas dari unsur Kemenag dan istansi terkait, termasuk media dan TNI/POLRI, serta 306 petugas dari unsur Kemenkes. Seluruh petugas akan dibagi ke dalam 3 wilayah kerja Makkah, Jeddah, dan Madinah.

Untuk Kuota Provinsi Jawa Barat dan Kemenag Kab. Majalengka Anda bisa memperhatikan gambar berikut ini:



Tahapan Rekrutmen 

Rekrutmen akan mulai dilakukan pada akhir Maret sampai awal April. Rekrutmen akan dimulai berjenjang dari Kankemenag Kab/Kota dan internal instansi terkait.

Perhatikan Tahapan Rekrutmen berikut ini:



Persyaratan dan Kelengkapan Administrasi






Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Seksi Peny. Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Majalengka atau bisa download informasinya DISINI.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

Post a Comment