PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Inilah 8 Tips Liburan Hemat Saat Lebaran yang Wajib Kamu Ketahui

Ilustrasi Liburan
Sumber: pixabay.com 
Kupasabis.com - Hari lebaran merupakan momen spesial dimana keluarga besar berkumpul bersama dalam kehangatan dan saling memaafkan. Setelah melampaui masa satu bulan untuk menahan nafsu duniawi, pastinya ajang berkumpul bersama keluarga untuk merayakan kemenangan sangat ditunggu-tunggu. Tidak ada salahnya jika mulai sekarang kamu merencanakan agenda liburan bersama.

Untuk liburan, tidak harus menghambur-hamburkan banyak uang. Terdapat banyak cara untuk berlibur dengan biaya hemat. Namun liburanmu tetap berkesan dan seru. Berikut adalah tips hemat saat libur lebaran yang bisa kamu terapkan.

Memesan Tiket Jauh-Jauh Hari
Sebaiknya segera memesan tiket dari jauh-jauh hari agar mendapatkan harga tiket yang murah. Karena sudah bisa dipastikan, semakin mendekati hari raya lebaran harga tiket pasti naik. Selain itu, disarankan juga untuk memilih transportasi dengan harga ekonomis.

Memilih Transportasi yang Nyaman dan Murah
Untuk menekan pengeluaran biaya yang digunakan untuk transportasi, pastikan memilih transportasi darat yang murah dan nyaman. Misalnya bus atau kereta dibandingkan transportasi udara seperti halnya pesawat. Disamping itu, kamu juga bisa menikmati perjalanan menuju destinasi tujuan lebih maksimal jika menggunakan transportasi darat.

Memilih Destinasi Wisata dengan Tiket Murah dan Gratis
Tentukan terlebih dahulu destinasi-destinasi wisata yang akan kamu kunjungi sebelum pergi berwisata. Agar kamu tidak mengeluarkan banyak biaya, pilihlah destinasi wisata yang gratis atau mungkin tiket masuknya harganya murah.

Sebaiknya dalam memilih destinasi wisata, pilihlah yang tempatnya saling berdekatan supaya dapat menempuh perjalanan cukup dengan berjalan kaki. Jadi bisa mengurangi biaya transportasi.

Memilih Oleh-Oleh dengan Bijak
Tidak perlu mencari oleh-oleh yang mahal untuk diberikan kepada teman dan keluarga. Carilah barang yang menjadi ciri khas dari destinasi wisata yang sedang kamu kunjungi.

Barang yang bisa kamu beli untuk oleh-oleh misalnya, gantungan kunci, makanan ringan, kaos, dan lain sebagainya. Walaupun kecil barangnya akan menjadi berharga apabila diberikan dengan niat yang tulus ikhlas.

Memilih Hotel yang Murah Sekaligus Nyaman
Tips satu ini wajib kamu ikuti, memilih hotel yang murah sekaligus nyaman merupakan hal yang penting agar liburanmu sempurna. Walaupun harganya murah, pastikan fasilitas yang sediakan sesuai dengan kebutuhan kamu. Karena waktu istirahat merupakan waktu yang sangat berharga. Terlebih lagi saat momen liburan.

Berlibur Bersama Rombongan
Liburanmu akan semakin bertambah seru jika berlibur dalam satu rombongan. Entah bersama keluarga, teman, atau rombongan lainnya. Terdapat beberapa keuntungan yang bisa dinikmati apabila berlibur bersama rombongan.

Biasanya tempat wisata menawarkan potongan harga (diskon) dalam pembelian dengan jumlah banyak. Tidak hanya tiket masuk saja, diskon dari penjual oleh-oleh dan penginapan juga bisa kamu nikmati.

Memanfaatkan Paket Wisata yang Ditawarkan Oleh Agen Perjalanan
Menjelang libur lebaran, biasanya terdapat beberapa agen perjalanan yang menawarkan paket wisata yang menarik dengan harga yang cukup rendah jika dibandingkan dengan hari libur biasa. Inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk bisa berlibur bersama keluarga saat libur lebaran dengan harga yang terjangkau.

Mengendalikan Pengeluaran
Ini merupakan tips terakhir namun sangat penting untuk kamu ikuti ketika menginginkan libur lebaran dengan murah. Apabila kamu tidak bisa mengendalikan diri untuk mengeluarkan uang saat libur lebaran, tips-tips yang lain yang sudah disebutkan di atas akan menjadi sia-sia.

Memang tips yang sudah disebutkan di atas bertujuan untuk mengontrol pengeluaran saat libur lebaran. Akan tetapi rasanya akan sama saja kamu menghabiskan uang untuk liburan, jika tetap mengeluarkan uang ketika liburan untuk membeli hal-hal yang tidak perlu. Buang jauh-jauh pikiran bahwa semua tips penghematan yang dilakukan saat liburan hanya untuk menambah anggaran dana untuk belanja saat liburan.

Demikian tips hemat saat libur lebaran yang bisa kamu terapkan ketika ingin berlibur dan menghabiskan liburan bersama keluarga tercinta. Semoga tips di atas bermanfaat untuk kamu. Selamat berlibur!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment