PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

4 Tips Bijak Menggunakan Uang THR Agar Optimal

Ilustrasi Uang Tunjangan Hari Raya (THR)
Optimalisasi Penggunaan Uang THR
Kupasabis.com - Bulan ramadhan tinggal menghitung hari. Bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim di dunia. Sudah banyak ditemui berbagai pernak-pernik yang berkaitan dengan bulan suci Ramadhan. Bagi karyawan kantor, ketika musim menjelang lebaran tiba, hal yang paling ditunggu-tunggu adalah dibagikannya Tunjangan Hari Raya (THR). Namun penggunaan THR secara optimal sangat diperlukan guna menghindari kesulitan dalam hal keuangan di kemudian hari.

Tidak sedikit orang yang masih belum bisa memaksimalkan adanya uang THR tersebut. Beberapa keperluan Anda akan menjadi lebih ringan apabila memanfaatkan uang THR dengan bijak. Hindari menghambur-hamburkan uang untuk keperluan yang tidak penting atau keperluan yang tidak mendesak.

Oleh karena itu, Anda harus pandai memanfaatkan uang THR dengan lebih bijak supaya lebih berguna dan bermanfaat. Bahkan tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri saja, namun juga bermanfaat untuk banyak orang, jika dalam diri Anda ada niatan untuk memanfaatkan dengan lebih bijak. Lalu bagaimana menggunakan THR secara optimal? Simak tips memanfaatkan uang THR dengan bijak supaya lebih bermanfaat berikut ini.

Menggunakan Uang THR untuk Kebutuhan Menyambut Lebaran

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah memanfaatkan uang THR untuk memenuhi kebutuhan menyambut hari raya. Sisihkan sebagian uang THR yang dipergunakan untuk kebutuhan menyambut lebaran. Namun ingat, kebutuhan lebaran bukanlah keinginan semata. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut hari raya. Mengingat banyak sanak saudara yang akan berkunjung ke rumah untuk silaturahmi saat lebaran.

Ketika sanak saudara datang ke rumah untuk bersilaturahmi, Anda sebagai tuan rumah harus menyediakan beberapa makanan spesial lebaran. Yaitu makanan yang menjadi ciri khas dan akan ramai ketika lebaran adalah kue lebaran. Untuk itu, Anda harus bisa memaksimalkan serta memprioritaskan kebutuhan untuk lebaran.

Berbeda lagi jika Anda bekerja di luar kota. Uang THR yang didapatkan digunakan untuk persiapan mudik ke kampung halaman. Untuk membeli tiket perjalanan, buah tangan untuk keluarga di kampung dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan.

Menabung Sebagian Uang THR

Uang THR yang Anda terima dapat dimaksimalkan dengan cara menyisihkan sebagian uang tersebut untuk ditabung. Mengingat kebutuhan semakin meningkat saat menyambut lebaran, sisihkan saja sedikit tidak perlu dengan jumlah yang banyak. Anda bisa menyisihkan 10 hingga 20% dari uang THR tersebut.

Karena hanya dengan cara menabung akan menstabilkan pengeluaran. Dan uang yang ditabung tersebut akan berguna sewaktu-waktu untuk memenuhi kebutuhan yang mendadak.

Mensedekahkan Sebagian Uang THR

Memang kebutuhan setiap orang saat menyambut lebaran semakin meningkat. Namun Anda juga harus memikirkan nasib mereka masyarakat yang bisa dikatakan sebagai fakir miskin. Mereka membutuhkan uluran tangan-tangan dari dermawan yang dirasa sangat membantu agar bisa ikut merayakan hari kemenangan. Oleh karena itu, Anda bisa menyalurkan kebahagiaan yang diharapkan mereka agar ikut merasakan nikmatnya lebaran.

Anda bisa memaksimalkan uang THR  dengan cara mensedekahkan kepada mereka yang kurang mampu. Dengan kebaikan yang Anda lakukan akan digantikan yang berlipat ganda oleh Allah, dan dapat menjadi pelancar rezeki.

Memprioritaskan THR untuk Melunasi Kewajiban

Prioritaskan terlebih dahulu THR tersebut untuk meringankan beban Anda. Merupakan cara yang sangat tepat jika Anda menggunakannya untuk membayar hutang. Lagipula sayang kan jika Anda harus melalui momen lebaran namun masih memiliki tanggungan hutang?

Demikianlah beberapa cara penggunaan THR secara optimal yang dapat Anda terapkan untuk memaksimalkan uang THR. Nyatanya uang THR bisa digunakan dengan lebih maksimal lagi. Namun semuanya kembali kepada pribadi masing-masing, bagaimana cara memanfaatkan untuk kebutuhan di hari lebaran.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment