PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Cara Mudah Memasang Meta Deskripsi di Blogger


Apa itu Meta deskripsi atau Meta Description?

Meta deskripsi atau Meta description merupakan atribut HTML yang penting bagi sebuah web atau blog. Meta deskripsi ini berfungsi untuk memberikan gambaran atau penjelasan singkat sebuah halaman web atau blog. Meta deskripsi muncul di hasil pencarian search engine dibawah url atau judul. Lihat contoh berikut:


Jika Google menilai content pada Meta Description benar-benar mendeskripsikan konten pada halaman tersebut maka akan muncul meta deskripsi seperti contoh diatas. Namun, jika tidak menggunakan Meta Description atau Meta Description tersebut dianggap tidak sesuai dengan isi halaman maka yang muncul adalah sebagian kalimat dari artikel yang ada pada halaman tersebut.

Manfaat meta deskripsi

Meta deskripsi harus tepat, pasalnya jika meta deskripsi tepat maka kehadirannya dapat membantu website atau blog berada di urutan teratas pada hasil pencarian. Namun menurut pemilik sugeng.id, Google tidak menggunakan meta deskripsi sebagai salah satu faktor penentu ranking. Tapi meta deskripsi ini masih sangat penting keberadaannya karena dapat di manfaatkan untuk manampilkan deskripsi yang menarik perhatian pengunjung pada halaman hasil pencarian.

Cara memasang meta deskripsi

Di karenakan saya menggunakan blogger, maka saat ini saya akan share cara memasang meta deskripsi di blogger

Memasang meta deskripsi di blogger bisa dibilang mudah banget pasalnya tidak ada hubungannya dengan kode script html. Caranya simpel, seorang blogger pemula juga pasti bisa.

Yuk kita simak baik-baik.

1. Masuk ke dashboard blogger
2. Lihat menu sebelah kiri, klik Setelan. Kemudian klik Preferensi Penelusuran



3. Pada deskripsi, klik edit.



4. Kemudian masukan deskripsi blog anda maksimal 150 karakter. Pastikan deskripsinya, singkat, padat, jelas



Catatan: Meta deskripsi diatas untuk penjelasan bagi halaman utama.
Jika ingin membuat meta deskripsi untuk setiap postingan, anda bisa membuatnya secara manual. Perhatikan gambar berikut ini. Panah hijau menunjukan kolom meta deskripsi yang bisa anda isi. Menu ini akan muncul jika anda mengaktifkan meta deskripsi halaman utama.




Sampai disini sobat sudah bisa memahami pentingnya meta deskripsi dan memahami cara memasangnya pada blogger. Semoga bermanfaat.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment