PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

7 Cara Perawatan Mobil di Musim Penghujan




Memasuki musim penghujan seperti ini kebanyakan orang lebih memilih mengendarai mobil ketika bepergian. Memang motor lebih handal jika dimanfaatkan untuk menerobos kemacetan, tapi jika Anda kehujanan setiap hari, maka kesehatan lah yang dipertaruhkan. Jadilah mobil lebih disarankan digunakan di musim seperti ini.

Perawatan Mobil di Musim Hujan


Namun di sisi lain juga muncul masalah baru, di mana ketika terkena hujan setiap hari memungkinkan mobil mudah kotor. Tentu Anda tidak ingin bepergian mengendarai mobil yang kotor bukan? Lantas bagaimana cara merawat mobil agar tetap bersih di musim hujan? Berikut ulasannya.

  1. Cek mesin bagian dalam

Air hujan berpotensi masuk ke dalam mesin melalui celah-celah mobil. Jika dibiarkan, ini dapat menurunkan kinerja mesin. Untuk itu jangan lupa memeriksa mesin bagian dalam mobil setiap kali mobil terkena air hujan. Apabila mendapati air pada bagian mesin, usahakan untuk segera mengeringkannya dengan lap kering.

  1. Segera keringkan bagian mobil yang basah

Air hujan yang dibiarkan mengering pada bodi mobil dapat merusak cat mobil. Untuk menghindari rusaknya cat mobil, Anda bisa memanfaatkan spons yang sudah ditetesi sabun khusus mobil untuk membersihkan sisa-sisa air dan kotoran yang tertinggal di bodi mobil. Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan.

  1. Manfaatkan karpet agar lantai mobil tidak berjamur

Mobil bagian dalam akan sering basah karena Anda masuk mobil dengan sepatu yang basah karena air hujan. Apabila kondisi ini berlangsung terus-menerus, bukan tidak mungkin lantai mobil akan ditumbuhi jamur. Guna menghindari hal ini, usahakan untuk memasang karpet lantai mobil.

Sesampainya di rumah Anda bisa mengeluarkan karpet mobil lalu mengeringkannya. Sebab karpet yang dibiarkan lembab rentan ditumbuhi jamur.

  1. Manfaatkan Silicon Spray

Cairan ini bermanfaat menjaga ketahanan bagian kaca dan karet. Usahakan untuk lebih sering menyemprotkan sillicon spray agar bagian-bagian mobil tetap awet dan tidak rentan rusak akibat cuaca yang tidak stabil.

  1. Rajin cuci mobil

Jangan menganggap mencuci mobil di musim hujan adalah hal yang sia-sia. Mencuci mobil justru disarankan sebab di musim ini mobil akan lebih sering terkena air hujan dan ketika tidak segera dicuci dan dibersihkan memungkinkan kotoran akan menumpuk pada bodi mobil. Kondisi ini tidak hanya membuat tampilan mobil menjadi kotor, lebih parahnya, cat mobil juga bisa rusak.

  1. Poles mobil

Cara lain yang bisa dilakukan untuk merawat mobil di musim hujan adalah dengan memoles mobil. Bawalah mobil ke salon mobil untuk mendapatkan perawatan poles mobil. Ini bertujuan melindungi mobil dari kotoran atau debu akibat hujan.

  1. Parkir mobil di garasi

Apabila mobil tidak sedang akan digunakan, lebih baik Anda memarkir mobil di garasi. Ini melindungi mobil dari hujan dan panas matahari berlebih. Dengan begitu kualitas cat mobil tetap terjaga.

Demikianlah 7 cara perawatan mobil yang dapat Anda lakukan di musim penghujan. Mengingat mobil ini harganya terbilang mahal, usahakan untuk merawat mobil dengan tepat. Ini akan memperpanjang umur mobil Anda sehingga mobil dapat digunakan dalam jangka panjang.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

  1. Sipp...tips yang berguna sekali menghadapi musim hujan ini :D

    ReplyDelete

Post a Comment