PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Tips Memilih Template Blog Yang Disukai Google

Hallo Sobat boimblog, gimana kabarnya? Saya harap semuanya dalam keadaan sehat wal afiat dan senantiasa sukses selalu. 

Saat ini kita akan membahas template blog yang bagus. Kenapa template yang digunakan harus bagus? Pasalnya template cukup berpengaruh pada baik tidaknya SEO blog dimata Search Engine. Percaya atau tidak percaya, pemilihan template yang tepat sangat berpengaruh pada SEO. 

Tampilan blog yang baik, rapih, bersih dan menarik akan membuat pengunjung betah berlama lama di blog kita. Terlebih jika konten yang disajikan lengkap dan berkualitas. Semakin menarik tampilan blog, semakin nyaman pula pengunjung menikmati setiap konten yang di sajikan di blog.

Lalu bagaimana tips memilih template blog yang bagus? Banyak faktor yang menentukan bagus tidaknya sebuah template, namun jika dikerucutkan hanya ada 3 faktor utama yaitu sebagai berikut:

Pertama, Mobile Friendly
Pilih template yang Mobile friendly artinya template yang dapat diakses melalui mobile device, seperti smartphone (android/iOS), tablet, dan perangkat lainnya. Template Mobile Friendly memegang peran penting dalam SEO. Pasalnya, saat ini Google menerapkan algoritma yang memprioritaskan blog dengan template support mobile friendly dan menjatuhkan SERP blog yang tidak support. 

Untuk melakukan pengecekan support tidaknya Mobile friendly sebuah template, Sobat dapat melakukan pemeriksaan di: google.com/webmasters/tools/mobile-friendly

Kedua, Fast Loading
Pilih template yang kecepatan loadingnya bagus. Kecepatan loading ini sangat penting, pasalnya pengunjung akan meninggalkan blog jika loading nya lama. Blog yang berat atau lola biasanya disebabkan banyaknya coding-coding yang berlebihan, ukuran gambar yang besar, dan terlalu banyak widget yang tidak penting. Semua itu biasanya untuk memberikan dekorasi tampilan yang lebih menarik, namun dalam SEO, dekorasi berlebihan tersebut justru membuat template menjadi berat, yang menyebabkan loading blog menjadi lambat dan hal ini sangat tidak disukai oleh search engine.

Pilihlah template yang memiliki kecepatan loading baik, semakin cepat semakin baik. Tapi jangan abaikan juga kenyamanan pengunjung ya sob. 

Untuk mengecek cepat-lambatnya loading sebuah template, Sobat dapat melakukan pengecekan di: gtmetrix.com atau developers.google.com/speed/pagespeed/insights. Carilah template yang masing masing memiliki persentase kecepatan lebih dari 75/100 atau 75%.

Ketiga, Template Responsive 
Pilih template yang responsive. Template responsive adalah template yang ukurannya mengikuti atau menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan. Alhasil, diakses melalui perangkat apapun tampilan blog tetap keren dan tetap nyaman. Pasalnya lebar dan tinggi blog akan menyesuaikan sesuai dengan device yang digunakan.

Itulah tiga faktor utama yang harus dipenuhi oleh sebuah template blog yang bagus dan SEO. Selain itu, template juga disarankan simple, clean, dan mudah dinavigasi. Perlu diingat oleh Sobat Boimblog, bahwa SEO sangat dipengaruhi oleh konten yang disajikan. Percuma aja template bagus tapi tidak ditunjang konten yang berkualitas. Jadi, jika Sobat akan serius menjadi seorang Blogger, saya sarankan agar memilih template yang bagus dan profesional dengan ditunjang konten yang unik, fokus dan berkualitas. Ingsa Allah blog yang Sobat kelola trafiknya akan baik dan ramah mesin pencari. "Selamat Ngeblog"
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment