PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Membuka Warung Nasi Kuning, Bisnis Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Halo sahabat KupasAbis, setela Anda menjalal nasi kuning, alangkah baiknya jika Anda melirik bisnis nasi kuning ini. Jika anda mencari bisnis menjanjikan dengan modal kecil, maka bisnis nasi kuning bisa menjadi alternatif yang sangat baik. Nasi Kuning merupakan makanan khas Indonesia yang banyak peminatnya. Tak heran jika bisnis ini sudah menjamur di mana mana, baik di kota kota besar, kota kecil bahkan di pelosok desa.

Bisnis Nasi Kuning ini bagaimanapun juga perlu persiapan dan perencanaan yang matang. Anda tidak bisa asal asalan jika Anda ingin berhasil dalam menjalankan bisnis ini. Jika Anda berminat menekuni Bisnis Nasi Kuning, maka perhatikanlah hal hal berikut ini:

I. Tips Bisnis Nasi Kuning
  1. Pilihlah tempat atau lokasi yang strategis. Anda bisa mencari tempat dekat dengan pusat keramaian, seperti dekat pabrik, dekat perkantoran, Mall, alun-alun, pasar, terminal, pinggir jalan bahkan bisa dilakukan dirumah sendiri.
  2. Terjun langsung. Memulai bisnis ini anda dituntut untuk terjun langsung. Menghitung modal awal, belanja perlengkapan, belanja bahan bahan dan bahkan berhadapan dengan dapur dan peralatannya. 
  3. Belajar Ilmunya. Belajarlah membuat nasi kuning yang enak. Pastikan Anda mampu membuat nasi kuning atau paling tidak ada orang yang ahli membuat racikan nasi kuning. Anda harus terus dan terus belajar, jangan menjalankan usaha nasi kuning dengan ilmu ala kadarnya. Tambah selalu wawasan ilmu anda, temukan hal baru yang bisa membantu anda dalam menemukan menu baru yang banyak diminati.
  4. Peralatan yang cukup. Siapkan peralatan seperti meja, kursi tempat duduk pembeli, tenda kecil jika ruangan terbuka, peralatan makan, peralatan minum, peralatan masak.
  5. Pilih waktu buka yang tepat. Anda bisa menjajakan nasi kuning pagi hari, siang hari atau malam hari, bahkan ada yang 24 jam. Anda bisa melihat situasi dan kondisi keramaian sekitarnya.
  6. Menu Tambahan. Tambahkan menu yang lain seperti makanan kecil, gorengan dan kopi atau teh. Air minum sediakan secara cuma cuma. 
  7. Unik dan buat inovasi. Buatlah nasi kuning anda beda. Misalnya dikemas dengan box, bahkan hanya sekedar daun pisang. Jika memiliki keunikan konsumen akan kembali lagi dan biasanya bisa memesan nasi kuning anda saat moment spesial mereka.
  8. Pelayanan Terbaik. Bersikap ramah terhadap para pembeli. Pastikan pembeli puas dengan masakan dan sikap anda, sehingga mereka mau kembali. 
  9. Rekrut karyawan. Jika usaha anda berkembang, kebutuhan semakin banyak, maka anda harus Rekrut karyawan. Hal ini agar kualitas layanan tetap baik, tidak keteteran. Pelayanan yang baik untuk konsumen dapat menjadi nilai tersendiri dihati konsumen.
  10. Tempat bersih. Ini terkadang luput dari perhatian, banyak tempat jualan nasi kuning yang alakadarnya relatif kotor.
  11. Menjaga Kualitas. Hal ini sangat penting agar usaha anda tetap berkibar dan mampu bersaing dipasar yang kian lama kian kompetitif. 
  12. Online. Setelah jualan offline berjalan dengan baik, maka tidak ada salahnya untuk mempromosikan bisnis nasi kuning anda secara online, buatlah layanan delivery order. Dengan begitu nasi kuning tampak modern. Tetap dengan melihat situasi dan kondisi usaha Anda. 
  13. Optimis dan Doa. Jalankan usaha Anda dengan penuh optimis. Anda jangan minder dengan usaha Anda. Bisnis ini menjanjikan sekali. Jangan lupa tetap berdoa.
Gambar dari Nasikuningmantan.com
II. Hambatan Bisnis Nasi Kuning
  1. Makanan Basi Terbuang. Nasi Kuning termasuk makanan yang basi jika disimpan dalam waktu lama. Artinya jika tidak laku Nasi Kuning akan terbuang. 
  2. Banyak Kompetitor. Bsinis ini relatif mudah dijalankan, jadi kompetitor pun banyak bermunculan. Jika tidak memiliki pembeda dan startegi penjulan, bisinis nasi kuning Anda ditinggalkan konsumen.
III. Modal dan Keuntungan

Modal untuk bisnis ini tergantung skalanya, jika skala kecil, bisnis nasi kuning ini modalnya sekitar 4 jutaan. Ini sudah termasuk peralatan seperti gerobak, kompor, alat masak dan peralatan lainnya. Jika tidak menggunakan gerobak, dan peralatan masak menggunakan yang sudah ada dirumah maka modalnya cukup kecil.

Anda hanya butuh modal untuk belanja bahan masakan. Seperti beras, rempah rempah dan makanan pendamping seperti gorengan, orek tempe, telor, bihun, kerupuk, dan kopi atau teh. Modalnya cukup 500ribu. Modal biasanya akan ditambah jika usaha yang dijalani mengalami perkembangan. 



Sedangkan keuntungan bisnis ini sekitar 50% bahkan ada yang bilang 70%. Ini memang bisnis yang sangat menjanjikan dengan modal kecil. Selamat berbisnis,  semoga sukses. 
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment