PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Inilah Hal Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ngeblog

Aktifitas ngeblog jika tidak dipersiapkan dengan baik, dihawatirkan akan terhenti ditengah jalan dan terhempas dari persaingan. Kalo cuma membuat blog sih mudah, tapi jika ingin membuat blog yang bertengger dihalaman pertama google tentu bukan perkara mudah, yang jelas Blog dengan kualitas terbaiklah yang akan mampu eksis.

Blog yang dibuat atas dasar iseng akan menghasilkan blog abal-abal atau blog asal-asalan, sehingga tak mungkin bisa bertahan lama, kalau pun bisa bertahan, tapi tidak bisa menempati halaman pertama Google.

Menjadi Blogger sukses dengan blog berkualitas itu tidaklah mudah, namun bukan berarti tidak mungkin juga. Untuk membuka peluang sukses ngeblog tersebut, Anda wajib melakukan persiapan yang matang dan terencana. Dengan memiliki persiapan yang matang, berarti anda mempersiapkan kekuatan dalam menghadapi ganasnya persaingan ngeblog.

Persiapan ngeblog bisa mencakup Persiapan Non Teknis dan Persiapan Teknis.

Menurut saya persiapan non teknis itu erat kaitannya dengan mindset, pola pikir atau cara pandang dalam ngeblog.

1. Awali Ngeblog Dengan Niat baik, Lurus dan Kuat

Hal ini terkadang dianggap sepele oleh kebanyakan Blogger, padahal urusan niat ini akan berpengaruh terhadap kegigigihan, keuletan, ketekunan dan kesabaran dalam mengarungi dunia Blog. Niat yang lurus akan menimbulkan kenyamanan dan keluwesan dalam menulis dan bahkan berpengaruh terhadap konsistensi serta keberlangsungan blog itu sendiri.

Pastikan Sobat menanamkan niat yang baik, lurus dan kuat, yaitu ngeblog niatnya untuk berbagi ilmu yang kita miliki, ngeblog untuk menambah dan memepererat tali silaturrahmi, ngeblog untuk menambah wawasan, bahkan yang lebih baik niat ngeblog untuk ibadah.

Jangan sekali-kali niat ngeblog untuk mendapatkan materi dalam waktu cepat, hal ini alih alih bisa terwujud, yang ada justru sebaliknya, kekecewaanlah yang akan didapatkan, pasalnya materi yang diharapkan tak kunjung datang.

2. Miliki Visi & Misi Yang Jelas

Saat sobat memiliki Visi dan Misi yang jelas maka ngeblog pun akan terarah dengan baik. Visi itu tujuan atau impian anda, sedangkan misi adalah cara atau jalan untuk mewujudkan impian atau tujuan anda tersebut.

Untuk diketahui, dunia blogging itu luas seperti samudra tak bertepi, anda tidak mungkin bisa mengarungi samudra dengan selamat jika tanpa tujuan yang jelas. Jadi, buatlah impian anda yang jelas, kemudian cari jalan atau cara untuk mewujudkannya.

3. Jadikan Ngeblog Sebagai Hobi

Hobi membuat pondasi ngeblog sobat lebih kokoh, pasalnya sobat akan menghadapi semua tantangan ngeblog dengan penuh senang hati, enjoy dan tanpa beban. Selain itu sobat juga tidak akan kehabisan konten. Jika ngeblog didasarkan hobi maka sobat bisa membuat konten yang unik, original, dan konsisten.

4. Mau Belajar Cepat untuk Mempertajam Skill

Ilmu ngeblog bisa dipelajari oleh siapapun, yang penting mau belajar ekstra, bekerja keras dan disiplin. Artinya saat mulai ngeblog sebenarnya tidak harus memiliki skill atau kemampuan khusus, yang terpenting mau, suka belajar, disiplin dan bekerja keras maka aktivitas ngeblog bisa dipastikan berjalan lancar.

Namun, ada baiknya sebelum memutuskan membuat blog terlebih dahulu anda mengetahui kemampuan apa yang anda miliki. Ini penting dilakukan agar dalam proses pengembangan dan pembangunan blog nanti dapat lebih mudah. Semua materi yang anda sajikan dapat benar-benar anda mengerti sehingga apabila ada komentar dan pertanyaan dari pengunjung blog tentang artikel tersebut , dengan mudah bisa anda jawab dan selesaikan. Sehingga kredibelitas anda di mata pengunjung akan meningkat. Ini dapat memberikan efek yang dashyat terhadap ledakan pengunjung. Bagaimana bisa, bisa saja karena mereka menyukai artikel yang anda sajikan dan mengangap anda orang yang bisa dipercaya. Sehingga dengan senang hati mereka akan merekomendasikan artikel tersebut kepada teman-temannya.

5. Menggali Ilmu Blog dan Menyiapkan Segudang Konten yang bagus

Sebelum ngeblog, Sahabat KupasAbis wajib menyiapkan konten yang jumlahnya banyak dan kualitasnya baik. Diharapkan konten yang dipilih sesuai dengan bakat, hobi dan atau keahlian yang dimiliki, sehingga sobat tidak akan kehabisan data, tidak akan kehabisan ide dan tidak akan merasa bosan saat melakukan aktifitas ngeblog. Blog dengan niche yang baik, fokus dan mendalam pada satu masalah jauh lebih baik daripada Blog yang gado-gado dan dangkal.

Misalnya blog yang fokus pada blogging, bisnis online, otomotif, kuliner, arsitek, photography, traveling, dan lain sebagainya. Jika niche sudah baik dengan keyword yang tepat maka akan menghasilkan visitor yang loyal. Manjakan visitor blog dengan konten yang berkualitas, informatif, aplikatif, bermanfaat dan mudah difahami.

6. Menentukan Target Audiens

Buatlah target audien yang kira-kira lebih membutuhkan materi yang bakal kita sasar (tulis) nantinya. Untuk menentukan target yang paling cocok sebaiknya anda lihat kembali beberapa poin persiapan membuat blog sebelumnya. Dengan mengetahui target maka anda dapat menyesuaikan bahasa, teknik pembahasan, cara penulisan dan beberapa hal pendukung lainnya. Jadi dengan mengetahui target blog anda nantinya dapat lebih mudah mendapatkan pengunjung dan berkembang dengan cepat.

Setelah persiapan non teknis selesai, Anda tinggal melangkah ke persiapan teknis.

Persiapan Teknis 

Persiapan teknis yang saya maksud adalah perangkat pendukung suksesnya ngeblog.

1. Sarana dan prasarana ngeblog yang baik

Hal ini untuk menunjang aktifitas ngeblog Anda. Anda bisa aja ngeblog menggunakan Hand Phone atau melakukan aktifitas blog di warnet, namun untuk sukses ngeblog, hal itu tidak cujup. Anda harus memiliki perangkat ngeblog yang mumpuni.

2. Memiliki Guru Ngeblog

Mendapatkan ilmu di blog di internet itu bisa anda lakukan, tapi memiliki guru yang ahli dan senantiasa bertemu tatap muka, itu jauh lebih baik. Guru itu fungsinya untuk membimbing agar para blogger pemula seperti saya tidak tersesat di belantara ngeblog.

3. Menentukan Niche

Sebelum memulai ngeblog, anda wajib menentukan niche blog. Niche blog adalah topik tertentu yang akan dibahas atau dikupas dalam sebuah blog. Saran saya, buatlah blog dengan niche tertentu, fokus dan tidak gado gado.

4. Memilih Judul Blog

Judul blog dan URL perlu disipakan sebelum memutuskan ngeblog. Carilah judul dan alamat blog (URL) yang memiliki keterkaitan satu sama lainnya. Serta jangan lupa, utamakan judul yang singkat dan mudah di ingat.

5. Menentukan Domain atau Nama blog 

Nama blog yang kerap disebut domain merupakan salah satu unsur vital sebuah blog. Pasalnya, nama domain berfungsi sebagai alamat dan identitas blog. Jika visitor akan mengunjungi blog Anda, maka nama domain lah yang diketikkan di address bar browser. Jika ditanya nama blog juga, maka nama domain lah yang disebutkan.

Sebuah nama domain, sebaiknya pendek agar mudah diingat, catchy, mudah diucapkan, mudah dieja, dan brandable. Pastikan juga nama domain tidak mangandung nama merek yang memiliki hak cipta dan jangan terlalu mirip dengan nama domain lain. Saat ini nama domain banyak yang menggunakan nama sendiri, tapi usahakan membuat nama blog yang serasi dengan niche dan konten yang akan disajikan.

6. Menentukan Platform Blog

Saatnya anda memilih platform apa yang bakal anda gunakan untuk membuat blog. Fungsi platform ini sebagai pijakan sebuah blog. Jadi agar bangunan (blog) bisa berdiri kokoh, kita mesti mengetahui seberapa bagus dan aman tempat pijakan blog tersebut. Platform blog ada dua macam pilihan, yaitu Platform Gratis dan berbayar.

Jika anda masih pemula dan belum pernah ngeblog, saya sarankan agar memilih dulu blog gratisan sebagai media pembelajaran dan praktek. Platform gratisan yang paling banyak disukai dan banyak digunakan oleh blogger adalah produk unggulan google yaitu Blogger. Blogger memiliki banyak kelebihan di banding penyedia blog gratis lainnya. Selain mudah dipelajari dan berkelas, juga blogger lebih aman dan nyaman.

7. Memilih Template

Memilih template juga tidak kalah pentingnya dalam menentukan maju mundurnya sebuah blog. Template merupakan perangkat wajib yang mesti di persiapkan oleh setiap blogger untuk menghadapi ganasnya perperangan antar blog. Namun template harus didukung oleh artikel yang unik, original.

Baca: Tips Memilih template yang bagus

Mengapa memilih template termasuk ke dalam persiapan membuat blog. Pasalnya banyak sekali blogger yang sering gonta ganti template dengan alasan yang berbeda. Padahal itu kurang baik dan tampak plin plan sehingga berpengaruh terhadap perkembangan blog ke depan.

Itulah sobat yang harus anda pikirkan, yang harus anda renungkan dan yang harus anda persiapkan sebelum menekuni blog.

Jika semua persiapan itu ditempuh depan baik, urusan ngeblog tak lagi akan sulit.






Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment