PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Cara Mudah Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools


Hallo Sobat Kupas Abis, setelah selesai melakukan verifikasi kepemilikan situs pada webmaster tools, langkah selanjutnya adalah submit sitemap blog agar web yang sobat kelola lebih mudah di kenali dan mudah di jelajahi oleh robot mesin pencari google. 


Cara ini memungkinan artikel atau postingan lebih mudah muncul pada hasil pencarian. Submit peta situs merupakan salah satu tips SEO yang paling ampuh, mudah, dan murah sehingga banyak mendapatkan kunjungan.

Langkah langkah mudah Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools

Pertama, sobat terlebih dahulu login pada akun google webmaster tools.

Kedua, Setelah berhasil masuk pada akun Google Webmaster, klik url blog yang akan di optimasi. Pada menu sebelah kiri dashboard klik Crawl atau perayapan kemudian pilih sitemap (peta situs). Pada pojok kanan atas Klik ADD/TEST SITEMAP berwarna merah.


Ketiga, sobat harus memasukkan kode-kode di bawah ini pada kolom yang di sediakan
  1. sitemap.xml
  2. feeds/posts/default?orderby=updated
  3. atom.xml
Kode di atas bisa sobat submit salah satu aja, tapi untuk hasil lebih baik silakan submit semuanya satu persatu.

Untuk meyakinkan tidak ada error, klik test. Setelah peta situs yang kita ujicoba berhasil dirayapi, artinya tidak error, kemudian klik submit.

Setelah submit akan muncul perintah untuk merefresh halaman, klik saja tulisan “refresh the page”.

Sip, sampai disini Sobat KupasAbis sudah berhasil submit peta situs atau sitemap. Google biasanya akan menunda waktu index selama kurang lebih 24 jam sejak disubmit.

Jika jumlah postingan atau artikel sobat jumlahnya banyak, sebaiknya submit sitemap menggunakan kode di bawah ini:
  • Apabila jumlah posting/artikel blog kurang dari 500 namun jumlahnya sudah ratusan, teman-teman bisa memakai kode berikut ini atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • Apabila postingan blog lebih dari 500 dan dibawah 1000, masukkan dua kode berikut ini satu persatu atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 dan atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500
  • Apabila jumlah postingan blog lebih dari 1000, gunakan kode di atas untuk setiap kelipatan 500 artikel. Caranya ganti star-index = 1 dengan jumlah max result+1
Sampai disini blog yang sobat kelola jauh lebih SEO daripada sebelumnya. Tugas selanjutnya adalah konsisten melakukan posting artikel yang berkualitas agar blog yang dikelola lebih sering dirayapi oleh mesin pencari. Sehingga peluang datangnya traffik juga semakin besar. "Selamat Ngeblog"




Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment