PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

7 Kesalahan Blogger Pemula Yang Harus Dihindari

Halo Sobat boimblog, sebagai Blogger Pemula potensi untuk membuat kesalahan tentu sangat besar. 

Blogger Pemula biasanya memiliki semangat yang menggebu gebu, sehingga tak jarang dari kesemangatan itu justru menimbulkan kesalahan-kesalahan yang seharusnya dihindari. Namun jangan hawatir, justru dari kesalahan itulah blogger akan belajar banyak sehingga menjadi blogger yang sukses. Marilah kita simak kesalahan apa saja yang sering dilakukan blogger pemula. 

1. Tidak "Istiqomah" atau tidak konsisten

Dalam bahasa sederhanasaya disebut plin plan, atau dalam bahasa sunda dikenal dengan istilah "obor baralakeun" yang artinya semangat berapi api diawal tapi cepat melempem lagi dalam waktu singkat. Ketidak konsistenan tersebut bisa dilihat dari jarangnya update. Biasanya rajin update diawal awal namun selang beberapa waktu tidak mampu update lagi.

Inkonsistensi tersebut bisa disebabkan oleh minimnya bahan, jarang membaca, minimnya data serta dilanda rasa malas atau jenuh. Inkonsistensi ini penyakit yang harus dibuang oleh sobat jika ingin menjadi Blogger Sukses.

2. Mengutamakan Tampilan blog

Penyakit Blogger Pemula adalah sibuk mengurus tampilan, bahkan tak jarang gonta ganti template. Saya sarankan Sobat jangan terlalu sibuk mengurus tampilan blog sehingga mengabaikan konten.

Tampilan blog memang penting, namun yang lebih penting adalah kontennya. Pasalnya konten itulah yang akan menarik pengunjung. Utamakan kualitas konten ditunjang dengan tampilan blog yang cantik. "Konten is king"

3. Tidak Fokus

Blogger yang sukses itu blogger yang fokus, baik fokus pada konten atau topik maupun fokus pada satu blog. Blogger Pemula saking semangatnya terkadang memiliki banyak blog, sehingga blog tidak terurus dengan baik. Jika memang sanggup mengurus blog lebih dari satu, silahkan aja. Tapi saya sarankan agar blogger pemula tetap fokus pada satu blog dengan konten atau topik yang fokus pula.

4. Menjiplak tulisan, mementingkan kuantitas dan mengabaikan kualitas

Blogger Pemula biasanya mengejar jumlah atau kuantitas artikel, dengan harapan lebih cepat mendapatkan pengunjung blog dan statistik blog terus meningkat. Kondisi ini terkadang membuat blogger pemula melakukan segala cara termasuk menjiplak tulisan orang lain. Hal ini jelas melanggar aturan.

Seorang blogger seharusnya menulis konten yang baik dan berkualitas hasil karya sendiri. Buatlah tulisan hasil karya sendiri, original, dengan gaya bahasa yang sederhana dan mudah difahami. Be Your Self, tanpa menjiplak gaya orang lain. Miliki keunikan sendiri, jadilah berbeda dengan orang lain.

5. Banyak teori minim praktek

Praktek atau mencoba dan terus mencoba merupakan kunci sukses seorang blogger. Biasanya Blogger Pemula banyak mengumpulkan teori-teori tapi minim dalam prakteknya sehingga mereka tak kunjung mahir.

Ketakutan salah, juga terkadang memicu blogger pemula enggan mulai praktek. Trial and error adalah hal yang biasa dialami siapapun dalam meniti tangga kesuksesan. Makin sering dicoba dan makin sering dipraktekan maka akan semakin bisa. Ada pepatah mengatakan "alah bisa karena biasa". Teori dan praktek harus seimbang. 

6. Ingin mendapatkan uang secepatnya

Hal ini memang sangat wajar, siapapun tentu ingin mendapatkan uang dalam waktu cepat. Namun hal ini hanya angan angan belaka, pasalnya uang tak akan datang tanpa kerja keras. Saya ingatkan lagi bahwa ngeblog itu harus memiliki niat yang lurus dan baik.

Jika obsesinya sudah ke materi atau uang, maka ngeblog tidak lagi enjoy, yang ada malah stress dan kecewa. Omong kosong jika blog nya ancur bisa dapat uang cepat. Perbaiki dulu blognya, perbaiki kualitas artikelnya, perbaiki tampilannya, perbaiki kecepatannya sehingga pengunjungnya banyak yang loyal. Jika semuanya sudah baik maka mendapatkan uang pun tidaklah terlalu sulit, yang jelas rizki itu tidak akan kemana.

7. Minimnya promosi

Blog yang baru dibuat tidak serta merta tampil begitu saja dimesin pencari atau search engine. Blog baru perlu dipromosikan dengan cara didaftakan ke mesin pencari.  Daftarkan blog baru sobat ke mesin pencari melalui google webmaster tools. Promosi Blog juga bisa melalui media sosial grup, Blog Walking, maupun dari mulut ke mulut.

Ok Sob, itulah hal-hal yang harus dihindari saat mulai ngeblog. Mulailah dengan langkah yang benar, agar hasilnya juga benar. Selamat ngeblog. 
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. Sangat cocok buat buat blogger seperti saya yang masih pemula newbie, thank infonya mas👍

    ReplyDelete
  2. Kesalahan itu saya alami semuanya, jadikan pembelajaran

    ReplyDelete

Post a Comment