PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Inilah Format Tulisan Blog SEO: Mudah Terindeks Google dan Tampil di Halaman Pertama

Sobat BOIM Blog yang budiman, perlu sobat ketahui bahwa menulis di Blog, formatnya berbeda dengan menulis di Microsoft Word. Pasalnya menulis di Blog tidak hanya mempertimbangkan aspek kerapihannya saja melainkan harus mempertimbangkan, apakah tulisan kita itu SEO atau tidak dan apakah tulisan kita itu scannable atau tidak. Artinya format tulisan di blog menyangkut aspek scannability dan readability.

Posting Blog SEO artinya, postingan yang mudah terindeks Google dan bisa muncul dihalaman satu mesin pencari. Secara logis, jika postingan terindeks google dan muncul dihalaman satu, maka potensi hadirnya pengunjung semakin besar. Dan inilah yang didambakan oleh semua Blogger, termasuk Sobat juga bukan?

Lalu, bagaimana format menulis posting Blog SEO? Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan agar postingan Blog SEO, mudah terindeks Google dan ada di halaman satu.

Pertama, Format Rata Kiri (Align Left).
Menurut kita, postingan itu lebih enak dilihat jika rata kiri dan rata kanan (justify), pasalnya jika rata kiri, tulisan terlihat berantakan. Tapi dalam membuat postingan Blog SEO, justru harus menggunakan tulisan rata kiri atau Align Left. Postingan dengan tampilan teks rata kiri (align-left), akan lebih mudah dibaca dan lebih mudah dipindai/scanned. Ini artinya tulisan Blog kita memenuhi aspek scannability dan readability. Tampilan posting rata kiri-kanan alias full-justified dalam dunia ngeblog dianggap tidak lazim. Pasalnya, selain kaku, juga akan memperlambat user untuk membacanya.

Kedua, Alinea Pendek. 
Artinya setiap paragraf atau alinea jangan terlalu panjang. Jika terlalu panjang maka user akan cepat jenuh dan lelah sehingga malas membacanya. Ada yang mengatakan satu paragraf maksimal lima baris. Pastikan semua kata dalam postingan memiliki makna yang padat dan jelas.

Ketiga, Ada Jarak yang Jelas antar alinea.
Jika menulis konten Blog pastikan setiap alinea dengan alinea berikutnya memiliki spasi atau jarak yang cukup, jangan terlalu luas atau terlalu sempit. Paling tidak satu kali enter.

Keempat, Pertegas Pada Bagian Subjudul, List, dan Kutipan.
Postingan yang baik harus memiliki kerangka yang jelas. Sobat bisa memperjekas dan mempertegas pada bagian-bagian tertentu, seperti subjudul, list dan kutipan. Subjudul bisa di bold, jika ada list bisa menggunakan numbered list atau bullet list dan quoted atau kutipan bisa menggunakan bold dan atau italic.

Kelima, Menulis Postingan Langsung di Blog.
Biasanya Blogger banyak yang menulis postingan di MS Word, tujuannya supaya lebih mudah dalam mengolah kata dengan tools yang sudah familiar. Namun untuk postingan Blog SEO, usahakan dan biasakan menulis langsung di Blog. Jika sudah menulis di MS Word maka Copy Paste terlebih dahulu ke Notepad, kemudian copas lagi ke blogger. Atau Sobat bisa aja menggunakan tool "Remove Formatting" yang ada di blogger. Caranya select all lalu klik ikon remove formatting, tujuannya agar format tulisan MS Words hilang dan berganti menjadi format blogger.

Keenam, Judul Jangan Huruf Besar Semua

Huruf besar semua atau ALL Caps harus dihindari dalam penulisan artikel blog. Hal ini karena beberapa alasan, diantaranya adalah:
  • Sulit dipindai mata (scan), sulit dibaca, sehingga tidak user friendly.
  • Dalam dunia tulis-menulis All Caps berarti "berteriak". Seperti menggambarkan kemarahan. 
Dalam menulis email juga salah satu kode etiknya adalah dilarang penggunan All Caps, begitu juga dengan Wikipedia. Wikipedia melarang penggunaan All Caps dalam penulisan naskahnya.

"Sobat, selamat menulis posting Blog SEO dan selamat ngeblog"
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment