PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Cara Memposting Tulisan di Blog

Hallo sobat boimblog,  setelah sobat berhasil membuat Blog, selanjutnya sobat melangkah ke langkah inti, yaitu memposting konten, tulisan atau artikel.

Namun, sebelum memposting tulisan atau artikel, sebaiknya kita bahas dulu menu-menu pada dashboard Blogger. Perhatikan baik baik gambar berikut ini. Pusatkan prnglihatan sobat ke menu dashboard blog sebelah kiri.
Postingan: menu ini menampilkan semua postingan yang terdapat pada blog. Postingan ada yang sudah diterbitkan (publish) dan ada yang masih berbentuk draft. Sobat juga bisa menghapus beberapa postingan satu persatu atau secara sekaligus.

Statistik: pada menu ini Sobat bisa melihat jumlah penayangan hari ini, kemarin, bulan lalu dan semua. Selain itu, pada menu ini juga menampilkan informasi mengenai bagaimana pengunjung menemukan blog milik sobat, menampilkan pemirsa, dan lain sebagainya.

Komentar: sobat bisa melihat komentar yang telah diterbitkan, komentar yang masih menunggu moderasi, dan komentar yang dianggap spam.

Kampanye: menampilkan menu seputar Adwords. Anda bisa mempromosikan blog anda dengan Adwords ini, tetapi tentu saja ini tidak gratis. Anda 

Halaman: menampilkan jumlah halaman yang terdapat pada blog Sobat. Halaman ada yang masih berbentuk draft, dan ada halaman yang sudah diterbitkan. Sobat juga bisa edit halaman, lihat, pratinjau dan bahkan menghapus halaman. 

Tata Letak: pada menu ini Sobat bisa otak atik tampilan blog, menambahkan atau mengurangi, atau memindahkan widget (gadget) pada blog.

Tema: disinilah tempatnya pengaturan template atau tema blog sobat. Bisa lakukan editing, mengganti template blog dan lain sebagainya.

Setelan: menu ini menampilkan pengaturan lanjutan pada blog anda, seperti pengaturan dasar, pengaturan pos komentar dan lain sebagainya bahkan tempat menghapus blog ada di menu ini.

Daftar Bacaan: sobat melihat postingan terbaru dari blog-blog yang sobat ikuti.

Bantuan: menampilkan beberapa artikel bantuan atau semacam panduan mengenai penggunaan blog di Blogger.

Sekarang lanjut ke cara memposting tulisan Blog. 

Memposting tulisan di blog bisa dibilang mudah banget. Caranya bisa Sobat simak dibawah ini:

1. Masuk menu dashboard, pilih Postingan
2. Klik tombol Entri baru.
3. Nanti sobat akan melihat tampilan seperti gambar dibawah. Perhatikan dengan seksama, pasalnya terdapat beberapa menu, tombol, atau navigasi yang perlu di pahami terlebih dahulu.

Nomor 1 : Judul Artikel atau tulisan Sobat
Nomor 2 : Isi konten
Nomor 3 : Menu formatting toolbar yang digunakan untuk pengolahan teks pada tulisan Sobat.

Sobat bisa lihat tool-tool tersebut mirip dengan yang terdapat pada Microsoft Word, seperti Bold, Italic, underline, warna huruf, membuat link, tool untuk menambah gambar pada postingan, tool untuk menambah video, alignment, numbered list, bullet list dan lain sebagainya.

Nomor 4 : Ada 2 mode penulisan konten yang terdapat pada blogger, yaitu mode Compose dan mode HTML. Pilih mode Compose jika Sobat tidak memahami HTML.

Nomor 5 : Terdapat beberapa menu pengaturan konten. Sobat bisa menambahkan label/kategori, pengaturan tanggal publikasi konten, tautan permanen pada konten, lokasi dan pengaturan pilihan.

Nomor 6 : Merupakan deretan tombol yang berguna untuk mempublikasikan, menyimpan, atau pratinjau (preview) konten dan tutup.

4. Jika konten sudah selesai dibuat, periksa lagi jangan sampai ada salah ketik. Setelah yakin sudah baik dan benar, sobat bisa klik tombol Publikasikan.


Saat sudah di publish berarti Sobat sudah berhasil membuat postingan pada Blog. Tulisan yang dipublish bisa dilihat dan dibaca oleh pengunjung blog. Agar pengunjung betah dan puas, pastikan konten yang di buat benar benar berkualitas.

Ok sob, itulah tutorial sederhana terkait cara memposting konten di blogspot. Sobat bisa praktekan sendiri, saya yakin Sobat sudah bisa. 
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

4 comments

  1. Makasih infonya. Sukses slalu memotivasi para blogger!! God bless u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih dah bertamu nih, senang sekali. Maaf ga dikasih kopi hehehe

      Delete
  2. Cuma tambahan di statistik. Statistik bawaan blogger menampilkan jumlah pengunjung bukan hanya dari organik, yakni bot juga. Jadi mending liat statistik yabg pasti di analytic aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih hu atas kunjungannya, Makasih atas informasinya. Betul saya setuju analytic lebih akurat dan lengkap.

      Delete

Post a Comment