PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Dasar-Dasar Ngeblog, Miliki Mindset Yang Benar

Jujur, saat pertama kali mengenal blog, saya sempat bertanya, apa itu blog?

Dan saya juga mengira bahwa membuat blog itu sulit, ternyata bikin blog itu cukup mudah, bahkan bisa dibilang sangat mudah, sekalipun bagi pemula seperti saya.

Yang sulit itu justru bagaimana blog yang telah dibuat bisa bertahan, terus berkelanjutan, tidak terhenti ditengah jalan, bermanfaat bagi orang lain dan pada akhirnya bisa menjadi sumber penghasilan.

Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan mindset yang benar, terlebih bagi pemula. Hal ini agar seorang blogger saat melakukan aktivitas ngeblog tidak lagi hanya sekedar memikirkan materi, tapi lebih dari itu bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

Mindset yang benar juga bisa membuat sang blogger mampu bersaing dan bertahan di samudra blogging yang sangat luas dan ganas. Kenapa mindset itu penting? Pasalnya mindset atau pola pikir sangat berpengaruh terhadap pola kerja.

Blogger dengan mindset benar maka pola kerjanya akan benar. Mindset yang benar menurut saya bisa dilihat dari beberapa hal berikut ini:

1. Niat Awal

Niat awal sangat berpengaruh terhadap pola kerja seseorang. Jika niat awalnya baik, maka pola kerjanya akan senantiasa baik dan hasilnya insya Allah  baik juga. Begitu juga dalam blogging, jika niat awalnya hanya materi, maka pola kerjanya senantiasa akan mengejar materi, tanpa mempedulikan caranya, tanpa mempedulikan akibatnya, dan tanpa mempedulikan halal haramnya.

Inilah mindset yang salah, yang pernah saya alami juga. Dulu saat ngeblog yang ada di otak saya tak jauh dari dollar. Meskipun betul dollar bisa saya dapatkan, tapi aktivitas ngeblognya tak bertahan lama, setelah dollar nya sepi, semuanya terhenti, semuanya tumbang dan akhirnya gulung tikar.

2. Keihlasan Hati

Keikhlasan, memang urusannya hati, yang tau hanya yang bersangkutan dan Allah Swt. Jika dilandasi hati yang tulus ikhlas, maka pekerjaan yang dilakukan tak lagi menjadi beban, yang ada justru pekerjaan itu terasa ringan, menyenangkan dan mempunyai nilai ibadah.

3. Miliki Prinsip Berbagi

Aktifitas ngeblog jadikan sebagai ajang berbagi. Berbagi apa saja yang dimiliki yang penting bermanfaat bagi orang lain. Anda bisa berbagi ilmu, pengalaman, jasa, keahlian dan lain sebagainya. Jika keinginan berbagi itu tinggi, maka saat ada materi atau tidak ada materi, aktifitas ngeblog akan terus berjalan.

Prinsipnya, jika banyak berbagi maka akan banyak menerima. Artinya, berikanlah dulu yang terbaik, jika ingin mendapatkan yang terbaik.

Dari uraian diatas, saya hanya ingin bilang bahwa saat ngeblog niatkanlah untuk ibadah, ikuti dengan hati yang ikhlas, dan jadikanlah blog sebagai media untuk berbagi. Lupakan dulu masalah uang sebelum blog yang dikelola benar-benar berkualitas dan bermanfaat.

Masalah uang, itu hanya sebagai bonus dari kerja keras Anda dalam membuat dan membangun blog yang bermanfaat. Blog yang bermanfaat merupakan aset berharga yang tidak ada habisnya. Makin tinggi manfaatnya maka makin berharga blog tersebut.

Mulai sekarang cobalah merubah mindset ngeblog kawan kawan, sehingga kalian tidak melulu memikirkan uang. Meskipun sebenarnya kita juga tidak boleh munafik, bahwa sebenarnya sedikit banyak niat untuk mendapatkan uang itu ada.

Tugas Anda adalah hanya membuat blog terbaik, ikuti langkah-langkahnya dengan benar dan nikmati prosesnya. Percayalah, proses tak akan menghianati hasil. Mindset ini membuat kita lebih nyaman dan damai saat ngeblog.

Kesimpulan, mindset yang benar membuat aktifitas ngeblog terasa ringan tanpa beban. Ngeblog itu harus dilandasi niat baik, dilandasi keihlasan, dilandasi prinsip berbagi, dan harus bermanfaat bagi orang lain. Jika itu semua terpenuhi dengan baik, masalah uang akan datang dengan sendirinya.

Semua memerlukan proses, bersabarlah dan nikmatilah semua prosesnya. Selamat ngeblog, semoga menjadi blogger sejati.



Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. Betul sekali niat harus benar,kalau saya sih niatnya membangun blog yang berkualitas dan bermanfaat bagi seluruh manusia 💫

    ReplyDelete
  2. Kren, niat yang mulia dan bagus. Lanjutkan mari kita belajar dan berbagi

    ReplyDelete

Post a Comment