PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

5 Amalan Agar Do'a Cepat Terkabul

Amalan agar do'a cepat terkabul.


Setiap yang berdo'a tentu ingin do'anya cepat terkabul. Bagi anda yang merasa sudah berdo'a dengan maksimal tapi do'a yang dipanjatkan masih belum terkabul, coba untuk mencermati hal-hal berikut ini:

1. Pastikan Makanan dan minuman yang kita konsumsi HALAL


Dalam hadits yang di riwayatkan Muslim disebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi barang halal, do'anya akan sangat manjur, cepat diijabah oleh Allah Yang Maha Kuasa. Sebaliknya jika orang mengkonsumsi barang haram walaupun hanya sesuap, maka do'a dan ibadahnya tidak akan diterima selama 40 hari.

Hanya sesuap saja mengkonsumsi barang haram dampaknya sudah seperti itu, apalagi jika sepiring, sebakul dan seterusnya tentu dampaknya do'a yang dipanjatkan akan tertunda bertahun-tahun untuk diijabah.

2. Sholat Fardhu di awal waktu


Barangsiapa yang mengistimewakan ALLAH dalam penghambaan dan pengabdian, niscaya Dia selalu siap menservis lebih baik. Apa saja yang dibutuhkan oleh hambanya itu, pasti segera diprioritaskan pemenuhan hajat-hajatnya.(H.R.Muslim)

3. Sholat Tahajjud


Ketika Nabi ditanya: "manakah do'a yang paling didengar oleh ALLAH? lalu Nabi menjawab : "Di pertengahan malam dan selesainya sholat fardhu."(H.R.Ahmad)

4. Rajin bersedekah


Orang yang dermawan ternyata makbul do'anya. Setiap kali ia membutuhkan pertolongan atas suatu kesulitan atau ancaman, maka ALLAH akan segera menolongnya (wasiat Nabi kepada Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)

5. Membiasakan istighfar


Lambatnya terkabul do'a seringkali diakibatkan oleh banyaknya dosa.(H.R.at-Tirmidzy dan al-Hakim) Maka untuk mempercepat terkabulnya do'a, kita harus memperbanyak istighfar.

Habib Luthfi bin Yahya dari Pekalongan pernah mengillustrasikan hal ini dengan ibarat orang tua yang membeli makanan dari pasar atau mall, lalu ketika pulang, anaknya menyambut seraya meminta kue dari pasar tersebut. Namun sayangnya tubuh anak itu penuh dengan kotoran. Tentu saja orang tuanya tidak segera memberikan kue itu hingga anaknya membersihkan dulu tangan dan tubuhnya dari kotoran.

Begitu juga ALLAH Ta'ala tidak akan segera mengabulkan permintaan hambaNya bila hamba tersebut masih penuh dengan lumpur dosa dan kotoran maksiyat. Nanti setelah dosa-dosa tersebut dibersihkan dengan banyak istighfar dan sholat taubat, barulah pertolongan yang diharapkan niscaya segera datang, do'a yang dipanjatkan pasti segera terwujud.

Teruslah panjatkan do'a dengan penuh tawadhu, merendahkan hati, tulus ikhlas dan senantiasa berbaik sangka kepada Allah.

Artikel ini saya ambil dari teman satu almamater Cep Herry Syarifuddin

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment