PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

WhatsApp Business Solusi Tepat Kembangkan Bisnis Anda

Hallo sahabat KupasAbis yang budiman, bagi sahabat yang sedang dan atau akan mengembangkan sebuah bisnis, sahabat bisa menggunakan WhatsApp Business sebagai media untuk berkomunikasi lebih efisien dengan para pelanggan. WA Business ini akan membantu mengembangkan bisnis Anda dan memampukan bisnis Anda agar dapat lebih diketahui di WhatsApp.
Gambar dailysocial.id

Layanan baru ini dirilis pada bulan September tahun 2017 WhatsApp. Aplikasi ini berbeda dengn WA biasa, WA Business ini ditujukan untuk pengguna bisnis, mulai dari UKM hingga perusahaan besar.

Kabar bainya, WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger bisa terpasang pada telepon yang sama dengan mendaftarkan nomor yang berbeda. WhatsApp Business bisa di download melalui google play atau app store.

Fitur-fitur yang tersedia di WhatsApp Business

Screen Shoot dai Play Store
Di rangkum dari play store, berikut ini fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp Business:
  • Profil Bisnis: Membuat profil untuk bisnis Anda untuk membantu pelanggan Anda menemukan informasi penting - seperti situs web, lokasi, atau informasi kontak Anda.
  • Alat Berkirim Pesan Bisnis: Menjadi lebih responsif dengan pelanggan Anda dengan menggunakan Pesan di luar jam kerja untuk memberitahukan mereka ketika Anda tidak sedang berada di tempat atau Salam untuk mengirim pesan perkenalan ke pelanggan Anda ketika mereka pertama kali mengirim pesan kepada Anda.
  • Anda dapat menggunakan nomor telepon tetap/landline dengan WhatsApp Business dan pelanggan Anda dapat mengirim pesan kepada Anda di nomor tersebut. Saat proses verifikasi, pilih opsi "Panggil saya" untuk menerima kode melalui panggilan telepon.
  • Anda dapat menggunakan kedua WhatsApp Business and WhatsApp Messenger pada telepon yang sama, tetapi setiap aplikasi harus memiliki nomor telepon sendiri. 
  • WhatsApp Web: Anda dapat merespons pelanggan Anda dengan lebih efisien langsung dari browser komputer Anda.
WhatsApp Business dikembangkan atas dasar WhatsApp Messenger dan menyertakan semua fitur yang Anda sering gunakan, seperti kemampuan untuk mengirim multimedia, panggilan gratis*, berkirim pesan internasional gratis*, chat group, pesan offline, dan masih banyak lagi.

Perbedaan Antara WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger

Perbedaan apa saja yang ada di antara kedua aplikasi WhatsApp ini, berikut ini penjelasan yang saya rangkum dari Kompas dan Kumparan.

1. Logo.

Meskipun logo keduanya masih mirip tapi tetap aja beda. WhatsApp Business memajang huruf B kapital sedangkan WhatsApp biasa sampai sekarang masih memasang ikon telepon.

2. Nama Akun WhatsApp Business Tidak Bisa Diubah Seenaknya

Oleh karena itu Anda tidak boleh sembarangan dalam penamaan akun. Ini yang paling penting yang harus di ketahui sejak awal dari akun WhatsApp Business. Setelah mengunduh aplikasi di Play Store atau App Store, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon, lalu memasukkan kode unik yang dikirim via SMS sebagai bagian dari verifikasi data.

3. Terdapat Profil Bisnis Anda

Aplikasi ini memang WhatsApp for Business jadi pasti ada fitur profil bisnis yang harus diisi secara detail. Pengguna wajib mengisi deskripsi keterangan bisnisnya, situs perusahaan, alamat, nomor teleponnya, dan lain sebagainnya.

Akun bisnis yang telah terverifikasi diberi simbol centang hijau. Fitur ini jelas tidak ada di WhatsApp biasa, yang penggunanya hanya bisa mengisi nama dan statusnya.

4. Bisa Pakai Nomor Telepon Selain Telepon Seluler

Fitur menarik yang dimiliki WhatsApp Business adalah pengguna dimungkinkan memakai nomor telepon perusahaan, selain nomor seluler, untuk membuat akun bisnisnya. Fitur istimewa yang tidak ada di WhatsApp biasa. Dengan demikian Anda bisa memisahkan akun bisnis dengan akun pribadi, sehingga percakapan privat tidak tercampur dengan profesional.

5. Bisa Migrasi Percakapan Antar Ponsel dan Akun

WhatsApp Business adalah migrasi percakapan, yang memungkinkan pengguna bisa transfer chat mereka dari satu perangkat ke perangkat lain atau satu akun ke akun bisnis. Migrasi percakapan ini penting untuk pemilik usaha yang menggunakan satu-satunya nomor seluler untuk akun WhatsApp.

6. Terdapat Fitur Auto Response

Fitur ini sangat penting untuk memberikan renspon yang cepat, pasalnya pelanggan adalah raja. Sebagai pemilik usaha, Anda harus bisa melayani pelanggan denagn cepat, walau hanya sekadar menjawab pertanyaan mereka yang terkadang datang di luar jam kerja.
Fitur ini untuk meringankan beban pebisnis, WhatsApp Business hadir dengan fitur Auto Response. Anda bisa menciptakan pesan balasan apapun dan mengirimnya secara otomatis ketika tidak ada waktu untuk membalas pesan pelanggan.
Pesan balasan ini akan langsung terkirim ketika ada konsumen mengontak kamu secara personal. Sementara di grup, pesan itu bakal dikirim ketika ada pelanggan me-mention kamu.

7. Ada Analisis Data Interaksi Pelanggan

Analisis ini menyediakan informasi detail terkait interaksi pelanggan dengan basis analisis, seperti jumlah pesan yang dikirim, diterima, terkirim, dan dibaca. Untuk bisa membaca analisis pengguna WhatsApp Business, cukup tekan opsi yang ada di kanan atas percakapan, kemudian masuk pengaturan dan pilih statistik.
Tetu saja fitur ini tidak didapatkan di WhatsApp Messenger dimana seringnya, pengguna justru menyembunyikan informasi jika pesan telah dibaca.

8. Bisa memilih kategori bisnis yang Anda inginkan

Selain menginformasikan profil perusahaan, Anda juga bisa memilih kategori bisnis yang tersedia. Aplikasi ini tidak melulu perusahaan besar, WhatsApp Business juga terbuka untuk UKM dan usaha kecil lainnya. Jika kategori bisnis tidak terdapat di pilihan yang tersedia, bisa memilih kategori "Others".

9. Ada Proses Verifikasi Akun

WhatsApp Business akan melakukan verifikasi pada akun Anda. Berbeda dengan lencana centang biru pada akun terverifikasi di Instagram atau Twitter, akun yang telah diverifikasi oleh WhatsApp Business akan diberikan centang berwarna hijau. 

10. Pesan masuk bisa dikategorisasi menggunakan "Labels" 

Dengan "Labels", Anda bisa mengkategorikan pesan masuk tertentu sehingga komunikasi dengan konsumen lebih terorganisir.

Oke Sahabat Kupas Abis, itulah aplikasi terbaru dari WhatsApp yang patut Anda coba untuk mengembangkan bisnis Anda. Jangan hanya pengguna WA tapi tidak menghasilkan apa-apa, saat bangkit dan menghasilkan dari WA.



Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment