PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Cara Cepat Meningkatkan Page View Blog

page view blog
Sebelum membahas lebih jauh, terlebih dahulu Anda harus membedakan antara page view blog dengan Visitor blog. Pasalnya banyak para pemula yang menganggap page view dan visitor sama, padahal keduanya adalah hal yang berbeda.

Page View blog adalah jumlah halaman blog yang dibuka atau yang dilihat oleh visitor blog. Sedangkan visitor blog adalah jumlah orang atau pengunjung yang membaca atau melihat halaman suatu blog atau website.

Dalam sekali kunjungan, seorang visitor blog bisa melihat lebih dari satu halaman, tergantung seberapa menarik dan tidak menariknya blog yang dikunjungi tersebut. Semakin menarik blog yang dikunjungi, maka visitor blog akan betah berlama lama sehingga otomatis dalam sekali kunjungan page view blog yang dihasilkan akan tinggi.

Jumlah Visitor dan page view blog biasanya tidak sama. Jumlah page view biasanya lebih banyak dari jumlah visitor. Tapi tidak mungkin jumlah visitor melebihi jumlah page view. Jika ada dua blog yang berdeda, A dan B dikunjungi 5 visitor, maka page view keduanya bisa berbeda, meskipun jumlah visitornya sama.

Halaman-halaman yang di klik dan dilihat oleh visitor blog dalam satu kali kunjungan, itulah dinamakan page view blog.

Tahukah Anda, bahwa saat Anda membaca artikel ini dan membaca artikel lainnya maka secara tidak disadari Anda telah meningkatkan page view blog sederhana saya ini.
Lalu bagaimana cara meningkatkan page view blog?
Meningkatkan page view tentu bukanlah hal yang mudah, tapi bukan pula hal yang mustahil. Artinya pekerjaan ini memerlukan usaha maksimal dan fokus. Jika anda fokus, sabar dan mau bekerja keras, maka meningkatkan page view bukan hal yang sulit.

Simak dengan baik cara meningkatkan page view blog berikut ini:

1. Memperbaiki Tampilan Blog

Mengapa tampilan blog harus diperbaiki? Tampilan blog sangat penting, pasalnya yang dilihat dan dinilai dari suatu hal tidak terkecuali blog adalah tampilan. Visitor akan melihat tampilan terlebih dahulu sebelum masuk ke konten. Tampilan blog yang menarik, clean, rapih, ringan dan cepat akan memberikan kepuasan tersendiri bagi visitor blog. Sehingga visitor akan betah dan mau menghabiskan waktu untuk mengeksplore blog tersebut.

Hal ini menunjukan bahwa tampilan blog erat kaitannya dengan kepuasan visitor blog dan kepuasan visitor berpengaruh besar terhadap jumlah page view blog.

2. Pastikan Judul Artikel Menarik dan Mengundang Klik

Page view juga erat kaitannya dengan konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas diawali dengan judul artikel yang membuat visitor penasaran sehingga tertarik untuk melakukan klik. Yang tadinya hanya ingin melihat satu artikel saja, tapi karena melihat judul yang menggoda, akhirnya visitor malah membuka artikel yang menggoda tersebut.

Tetapi tetap harus relevan antara judul dan isi artikel, jangan sampai saat judul bombastis tapi isinya malah biasa saja. Hal ini juga tidak bagus, pasalnya kita akan di cap visitor sebagai pencari sensasi saja dan mengabaikan isi artikelnya. Artinya, pastikan judul dan artikel sama-sama berbobot, menarik dan menggoda.

3. Pastikan Artikel Memiliki Related Post

Related post ini terletak di akhir postingan. Dimana related post ini menampilkan postingan atau artikel lain yang masih memiliki keterkaitan dengan artikel yang sedang dibaca. Dengan kata lain related post itu menampilkan artikel dengan kategori atau label yang sama.

Related Post ini tujuannya agar visitor terpengaruh dan tertarik untuk membuka atau membaca artikel lain. Sehingga ketika visitor membuka artikel lain dan betah berlama-lama di blog kita, maka page view blog otomatis semakin tinggi.

4. Membuat Internal Link Pada Postingan

Internal link adalah link yang terletak pada postingan kita. Internal link ini selain untuk keperluan SEO, juga berfungsi untuk mengarahkan pembaca atau visitor ke artikel lain yang dianggap relevan.

Bedanya dengan related post, jika artikel terkait atau related post ada dibawah artikel dengan menampilkan judul-judul yang berkaitan, sedangkan internal link itu tersisip dalam postingan baik berupa kata atau prasa maupun kalimat yang mengarah ke postingan lain yang masih terdapat dalam blog tersebut.

Jika dalam postingan terdapat link internal maka kemungkinan klik artikel lain akan semakin besar sehingga otomatis page view blognya akan ikut bertambah.

5. Mengoptimalkan Widget Popular Post, Recent Post, Latest Post dan Featured Post

Untuk meningkatkan page view blog dan membuat visitor tidak mudah meninggalkan blog, maka pastikan untuk memunculkan widget popular post, latest post dan featured post.

Semua widget-widget tersebut intinya berupaya untuk menampilkan postingan-postingan yang paling disukai pengunjung, menampilkan postingan terbaru, dan menampilkan postingan yang anda unggulkan.

Dengan adanya widget-widget tersebut, pengunjung akan terpengaruh dan tertarik untuk membuka artikel atau mengeksplore setiap artikel yang ditampilkan pada widget-widget tersebut.

Hal ini tentu sangat berperan dalam meningkatkan jumlah page view blog Anda.

6. Membuat Postingan Serial 

Postingan serial biasanya untuk mensiasati postingan bersambung dari satu topik yang tidak mungkin dibahas dalam satu kali postingan.

Postingan semacam ini memungkinkan meningkatnya page view blog.

Misalnya saja Anda akan menulis artikel terkait penerimaan PNS.  Postingan serial yang bisa Anda buat antara lain 10 Formasi PNS Yang Menjanjikan Pada Tahun 2018, Tips Sukses Diterima PNS, dan Syarat dan Prosedur Penerimaan PNS.

Bila visitor menemukan salah satu postingan di atas, besar kemungkinan visitor tersebut akan mencari dan melihat 2 postingan yang lainnya karena satu sama lain masih nyambung.

7. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Postingan

Ingat, visitor akan betah di blog kita jika artikel yang disajikan memiliki kualitas bagus dan jumlahnya tidak sedikit. Meskipun ada yang bilang kuantitas tidak terlalu penting dibanding kualitas, namun menurut saya kuantitas sama pentingnya dengan kualitas.

Secara logika saja, bagaimana pengunjung mau membuka halaman-halaman artikel anda jika jumlah postingan masih sedikit dan kualitasnya biasa-biasa saja.

Oleh karena itu tugas anda adalah rajin melakukan update blog, dimana anda harus tetap meluangkan waktu untuk mengurus blog, meskipun ditengah-tengah kesibukan.

8. Lakukan Optimasi SEO

Search engine optimization (SEO) merupakan langkah tepat untuk mengoptimasi blog agar mudah mejaring visitir dari mesin pencari. Jika konten anda berhasil menduduki halaman pertama google atau mesin pencari lainnya maka semakin besar pula peluang mendapatkan pengunjung.

9. Lakukan Blogwalking

Blogwalking adalah kegiatan blogger saat mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan komentar di blog tersebut. Jika anda rajin melakukan blogwalking, maka semakin besar pula kemungkinan datangnya visitor blog. Yaitu kunjungan dari pemilik blog yang dikunjungi atau bisa juga berasal dari pengunjung blog bersangkutan yang tertarik terhadap komentar yang Anda tinggalkan.

Sebagai catatan, pastikan komentar yang diberikan memiliki makna, berkualitas dan relevan dengan isi artikelnya. Jangan asal komentar dan Jangan nyampah. Komentar yang berkualitas akan memancing blogger lain untuk mengunjungi blog Anda.

10. Mengirimkan postingan ke situs sosial bookmarking

Jika ingin meningkatkan page view blog, Anda biasa mempromosikan postingan atau artikel Anda ke beberapa situs sosial bookmarking, sperti InfoGue untuk blog bahasa Indonesia. Jika postingan Anda ada yang viral atau ada yang hot, maka jangan heran jika blog anda akan kebanjiran ribuan visitor perhari, luar biasa bukan.

11. Aktif di forum dan Menjadi Blogger Tamu

Kegiatan ini memungkinkan anda untuk menjalin komunikasi dengan blogger lain yang sudah ternama. Efek dari aktif di forum dan menjadi blogger tamu adalah direferensikannya blog kita.

Selain itu forum juga merupakan salah satu sarana yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan postingan.

Bila postingan Anda berkualitas dan menarik anggota forum maka  jumlah pengunjung yang didapatkan akan meningkat tajam, page view otomatis meningkat. Hasil dari cara ini tidak jauh berbeda dengan hasil dari teknik mengirim artikel ke situs sosial bookmarking.

12. Buat navigasi yang jelas dan sesederhana mungkin

Navigasi yang rumit dan membingungkan bisa menyebabkan visitot cepat kabur meninggalkan blog kita. Oleh karena itu, pastikan navigasi yang dibuat jelas dan sederhana serta mudah di navigasi oleh visitor.

Yang dimaksud navigasi di sini adalah halaman, label, kategori, tempat pencarian, dan arsip harus mudah dikenali dan dilihat visitor.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan page view blog. Jika ada tambahan, silahkan untuk memberikan masukan melalui komentar dibawah.





Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

  1. Terima kasih. Penjelasannya sangat membantu sekali. Kalo boleh dan berkenan, tolong bantuannya untuk mengunjungi web saya yang masih awam ini. Matur suwun~
    https://www.mainmain.co/2020/08/merawat-ruang-imajiner.html

    ReplyDelete

Post a Comment