PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

7 Makanan Khas Majalengka Yang Pas Buat Oleh-oleh

Kupasabis.com - Singgah di suatu daerah, yang dicari biasanya hanya mencakup dua hal, kalo tidak nyari tempat nongkrong, pasti nyari tempat makan untuk mencicipi makanan khasnya daerah tersebut. Begitu juga kalo singgah di Majalengka, kalo enggak nyari tempat nongkrong recommended di Majalengka, pasti nyari makanan khas Majalengka untuk di jadikan oleh-oleh atau hanya sekedar untuk di cicipi.

Berburu makanan khas memang sangat mengasyikan, terlebih jika makanan tersebut rasanya enak, unik dan cantik. Berbicara makanan khas, sejatinya Majalengka memiliki banyak makanan khas yang unik dan cantik dengan rasanya yang enak. Namun disini mimin akan menyebutkan 7 makanan khas Majalengka yang dianggap paling populer.

Apa saja? Yuk kita cari tau.

1. Mangga Gedong Gincu
Mangga Gedong Gincu Majalengka
Sumber: rumahtanaman.com
Salah satu makanan khas Majalengka adalah mangga gedong gincu. Meskipun mangga gedong gincu di hasilkan juga oleh Indramayu dan Cirebon, namun konon, mangga gedong gincu Majalengka ukurannya lebih besar dan tampilannya paling cantik. Sehingga tak heran jika banyak diburu penggemar, bahkan gedong gincu Majalengka memiliki kualitas expor dan telah di expor ke banyak negara.

2 . Gula Cakar
Gula Cakar Khas Majalengka 
Ini gula lho, bukan kue. Sekilas tampilannya mirip kue, namun sejatinya itu gula yang dipadatkan. Gula Cakar terbuat dari gula pasir, di campur bahan lainnya termasuk pewarna makanan. Gula Cakar bisa dimakan langsung tapi lebih cocok jika di nikmati sebagai teman teh hangat.

3. Bolu Kukus Mangga
Bolu Kukus Mangga Majalengka Gerai Kadipaten 
Mangga gedong gincu ternyata tidak hanya bisa dimakan secara langsung, tapi bisa diolah menjadi makanan yang enak, seperti jus buah, sop buah, sirup, bahkan bisa dijadikan sebagai pie dan bolu kukus.

Bolu kukus mangga Majalengka memiliki cita rasa yang enak, unik dan tampilannya cantik. Cocok jika dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh. Bolu kukus mangga Majalengka bisa ditemukan di gerai bolus kukus mangga di Munjul Majalengka dan Pasar Balong Kadipaten.

4. Kecap Majalengka
Kecap Majalengka Merk Maja Menjangan
Sumber: disnakerin.majalengkakab.go.id
Majalengka dikenal sebagai sentra produksi kecap, sehingga tak salah jika di Majalengka didirikan tugu botol kecap, untuk menunjukkan bahwa Majalengka sebagai kota kecap. Ada beberapa kecap Majalengka yang legendaris, usianya sudah sangat tua dan dikenal luas di kalangan masyarakat, sebut saja kecap Maja Menjangan dan kecap Segi Tiga.

Sekalipun industri sudah maju, namun kecap Majalengka masih diproses secara tradisional dengan bahan-bahan pilihan. Sehingga tak mengherankan jika memiliki cita rasa tinggi, unik dan khas serta tahan lama sekalipun tanpa bahan pengawet.

Rasanya yang enak tersebut menjadikan kecap Majalengka pas dijadikan sebagai buah tangan, gak malu maluin dech.
5. Durian Sinapeul
Durian Sinapeul
Sumber : sumutpos.co
Salah satu makanan khas Majalengka yang sudah tenar adalah durian sinapeul. Durian ini konon ada yang namanya durian perwira. Durian sinapeul sering diburu oleh warga luar kota untuk dijadiakan oleh-oleh. Ukuran buahnya tergolong kecil, namun rasanya manis dan legit.
6. Kalua Jeruk
Sumber: japanesian.id
Kalua jeruk Majalengka terbuat dari kulit jeruk Bali. Kulit jeruk Bali yang tebal di kupas, dibersihkan hingga tinggal bagian putihnya saja, kemudian di iris sesuai selera. Kemudian direndam dalam air yang di campur kapur sirih semalaman.

Setelah dibersihkan lalu direbus hingga teksturnya empuk. Didihkan air, masukan gula, setelah agak mengental masukan Kulit jeruk sedikit demi sedikit. Jangan lupa pewarna jika mau lebih menarik. Kecilin api biar tidak gosong, setelah agak mengering baru diangkat lalu ditiriskan dan siap dihidangkan.

7. Ampas Kecap
Tumis Ampas Kecap
cookpad.com
Ini makanan khas Majalengka yang terbilang unik, ternyata selain kecap, ampas kecapnya juga bisa dijadikan oleh-oleh dari Majalengka. Ampas kecap berupa kedelai sisa perasaan. Biasanya diolah dengan cara ditumis di campur dengan bahan lainnya.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment