PFtlSiD018tScahPvI9YDvgx0mRSgxinUSC7Ezar

Manfaat Makanan Manis Saat Sahur dan Berbuka Puasa Bagi Tubuh

Es Buah, Makanan Manis favorit di Bulan Puasa 
Kupasabis.com - Ada beragam manfaat makanan manis bagi tubuh kita ketika menjalankan ibadah puasa. Saat menjalankan puasa tubuh dianjurkan untuk mendapatkan asupan gula yang cukup. Hal ini dikarenakan selama berpuasa tubuh cenderung memiliki kadar gula yang rendah.

Ketika berbuka berpuasa kita dianjurkan untuk memulainya dengan makanan yang manis-manis, seperti buah kurma dan makanan manis lainnya. Sebut saja kolak, es campur, sirup, dan berbagai jenis minuman segar lainnya. Begitu juga saat sahur, biasanya kita akan mengkonsumsi makanan penutup yang manis, seperti meminum teh manis hangat atau susu.

Jadi bisa dibilang bahwa asupan makanan manis bagi tubuh justru meningkat ketika bulan puasa. Namun hal ini ternyata memiliki manfaat bagi tubuh kita. Makanan manis yang kita konsumsi di saat bulan puasa ternyata bisa memberikan manfaat bagi tubuh.

5 Manfaat Makanan Manis saat Sahur dan Berbuka

Jika kamu termasuk orang yang suka makanan manis saat berbuka puasa dan sahur, berikut beberapa manfaat makanan manis yang bisa kamu dapatkan.

  1. Menyediakan Energi Bagi Tubuh
  2. Memakan makanan manis saat sahur membantu menyediakan energi bagi tubuh dalam jumlah yang cukup besar. Dengan memakan makanan manis maka energi yang kamu miliki akan lebih besar daripada tidak ada asupan gula sama sekali. Kamu seakan mendapatkan energi ekstra untuk menjalankan ibadah puasa di siang harinya.
Selain sunnah dan mengandung berkah, tujuan utama makan sahur adalah mempersiapkan sumber energi bagi tubuh agar bisa kuat berpuasa seharian penuh. Agar tujuan ini bisa tercapai dengan maksimal kamu bisa mengonsumsi makanan yang manis ketika sahur.

  1. Membuat Tubuh Siap Beraktivitas Seharian
  2. Dengan makan sahur sebelum berpuasa, kamu akan memiliki tubuh yang siap beraktivitas seharian meskipun sedang puasa. Makan sahur membuat tubuh tidak merasa lemas dan siap melakukan kegiatan apapun.
Hal ini bisa dimaksimalkan dengan mengonsumsi makanan manis ketika sahur. Contohnya, kamu bisa makan nasi ditutup dengan meminum teh manis atau susu kental manis.

  1. Menggantikan Energi yang Hilang dengan Cepat
  2. Saat waktu berbuka tiba, kamu dianjurkan untuk segera minum dan makan. Ini bertujuan untuk mengembalikan energimu yang sudah hilang dan tidak diisi ulang selama berpuasa sehari penuh.
Agar proses pengembalian energi bisa berlangsung cepat, kamu bisa berbuka dengan makanan yang manis terlebih dahulu. Bahkan berbuka diawali dengan yang manis adalah sunnah, terlebih dengan memakan buah kurma. Dengan makanan manis inilah tubuh akan bekerja lebih cepat dalam mengubah gula menjadi energi.

  1. Membuat Tubuh tidak Lemas
  2. Bukan hal yang aneh jika kita merasa lemas ketika berpuasa. Namun perlu diketahui bahwa rasa lemas ini bisa langsung hilang setelah kamu berbuka. Dengan makan dan minum, kamu bisa mengusir rasa lemas dan kembali mendapat energi.
Untuk membuat tubuh tidak lemas lagi, kamu bisa memilih makanan yang manis. Misalnya, kamu bisa berbuka dengan kurma, kue, atau nasi dan lauk pauk. Kamu juga bisa memilih berbuka dengan aneka minuman yang manis.

  1. Menjaga Keseimbangan Metabolisme
  2. Asupan gula ketika sahur dan berbuka membantu tubuh menjaga keseimbangan metabolisme. Apalagi saat berpuasa, proses metabolisme tubuh akan melambat sebab kita tidak makan dan minum.
Ketika berbuka, proses metabolisme akan kembali berjalan. Agar proses metabolisme bisa lebih cepat berjalan maka kamu perlu mengonsumsi makanan yang manis rasanya.

Namun perlu diingat, meskipun butuh asupan gula, kamu juga harus tetap berhati-hati dengan segala bentuk makanan manis. Jangan sampai kadar gulamu menjadi berlebih karena banyak makan makanan manis selama puasa. Tetap kontrol konsumsi gulamu meskipun ada banyak manfaat makanan manis yang bisa didapat. Makan dan minumlah sewajarnya jangan berlebihan.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment